10 Pasang Pemuda/i Dikirim Jambore se-Sumsel

406 views

OKU TIMUR – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten OKU TIMUR lakukan seleksi Jambore Pemuda Daerah Tahun 2019 (JPD). Puncak kegiatan dilaksanakan di halaman kantor Disporapar, Kompleks Perkantoran, Martapura, pad Kamis 2 Mei. 90 pemuda/i yang ikuti seleksi ini.

“Kegiatan ini tidak lain untuk memupuk rasa kesatuan dan persatuan bangsa, meningkatkan keterampilan dan melatih kreatifitas untuk menuju kemandirian pemuda berdaya saing menuju komunitas Asia 2020”, jelas Kadisporapar Drs Supardi MBA MM, sebab memang dirancang untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan pemahaman keanekaragaman seni budaya.

20 Kecamatan di OKU TIMUR, kata Supardi, tercatat ikuti kegiatan ini. “Sekitar 90 lebih yang mengikuti seleksi jambore ini, setiap kecamatan mengirim putra dan putri terbaik mereka, namun dari 90 lebih peserta yang mengikuti seleksi tersebut akan diseleksi dan dikerucutkan menjadi 10 pasang, dan 10 pasang inilah yang akan kita kirim ke tingkat provinsi untuk mewakili kabupaten OKU timur”, ungkapnya.

Ia berpesan, agar para peserta dapat menjadi insan yang menghargai perbedaan memiliki rasa toleransi tinggi terhadap keberagaman, dan sekaligus dapat mengenal budaya bangsa sendiri dengan baik.

“Semoga mereka dapat memahami dan menjadi pribadi yang bertoleransi terhadap kebhinekaan yang ada di OKU Timur, karena beragamnya budaya, seni juga agama yang menghiasi bumi Sebiduk Sehaluan ini. Juga harapan kami dapat menghasilkan para pemuda yang cinta kepada budayanya sendiri dan negara yang merupakan harga mati,” imbuhnya.

Puncak kegiatan Jambore Pemuda Daerah (JPD) tingkat provinsi akan diselenggarakan di Kab Pagaralam, mulai tanggal 18 sampai 21 Juni 2019.
“Semoga putra dan putri terbaik OKU Timur menjadi yang terbaik dari 17 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumsel ini”, tukasnya. (triangga)