23.058 Keluarga Miskin OKU Timur Rencananya Akan Terima Bansos Dampak Covid-19

Ilustrasi Bansos, foto dipinjam dari situs Lampost

OKU TIMUR – Dalam penanganan warga yang terdampak Wabah Covid-19 di Kabupaten OKU Timur, Dinas Sosial sudah melakukan pendataan. Rencananya, sebanyak 23.058 Kepala Keluarga (KK) akan menerima bantuan sosial dampak Covid-19 dari APBD Kabupaten. Demikian dikatakan Slamet selaku Kabid Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial OKU Timur.

Dalam konferensi pers via whatsapp bersama wartawan di OKU Timur, Sabtu sore 11 April 2020, sebanyak 23.058 KK itu akan menerima bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 150 ribu/ bulan. “Dan itu rencananya akan diberikan selama dua bulan secara bertahap, yakni di bulan April dan Mei. Sekarang sedang menunggu kesiapan dan anggaran yang ada.” kata Slamet menjelaskan.

Ditanya mengenai jumlah sebanyak 23.058 KK itu didapat dari mana, Slamet mengatakan jika jumlah itu merupakan laporan dari pihak Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) dan pendamping desa. “Itu adalah data yang dihimpun dari petugas di lapangan. Namun perlu dicatat, jumlah itu bukan merupakan keluarga miskin baru. Nantinya juga akan diverifikasi dan dikaji terlebih dahulu oleh Dinsos untuk kebenarannya.” kata dia.

Di OKU Timur sebelumnya tercatat sebanyak 32.458 KK yang menerima bantuan dari KPM PKH dan Program Sembako. “Sekitar 16 ribuan adalah penerima PKH.” kata Slamet lagi.

Dari informasi yang tercantum dalam data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), keluarga miskin di OKU Timur tercatat mencapai total sebanyak 62.998 KK. Namun dari jumlah itu sudah dikurangi sebanyak 32.458 KK yang termasuk ke dalam penerima bantuan sosial pemerintah pusat yakni KPM PKH dan Program Sembako.

Sisanya, kata Slamet, akan dimasukkan ke dalam daftar penerima Bansos Pemerintah OKU Timur atau Bantuan Langsung Tunai dari pemerintah pusat yang direncanakan pada April hingga Juni mendatang dengan besaran bantuan sebesar Rp 600 ribu/ bulan. “Sekarang juknisnya masih dalam proses, semoga secepatnya bisa dicairkan.” harap Slamet.(Triangga)