30 Warga Tanjung Mas OKU TIMUR Diduga Terjangkit DB

Tidak ada komentar 488 views

OKU TIMUR – Tiga puluhan orang warga Kampung 1 dan 2 Desa Tanjung Mas, Buay Madang Timur, diduga terkena penyakit Demam Berdarah (DB). 1 orang anak-anak dinyatakan pihak Rumah Sakit meninggal oleh penyakit yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegepty ini.

Kades Tanjung Mas Sumadi mengatakan jika wabah ini persisnya terjadi di lingkungan kampung 1 dan kampung 2 desa ini. Untuk korban meninggal di kampung ini, kata Kades yang resmi DB satu orang.

Kemudian, katanya, yang sakit-sakit diduga DB malah kata Kades ada 30 orang lebih. Sempat diragukan kata dia, ada yang disebut oleh tenaga kesehatan setempat menderita Disentri dan Tipes. Jadi yang dinyatakan DB hanya empat orang.

“Kami ragu kalau bukan DB karena mereka semua rumahnya berdekatan. Masing-masing penderita rumahnya ada dalam radius 300 meter.” Kata Kades Sumadi.

Kades menceritakan awalnya kejadian berasal dari 1 rumah keluarga Heru kemudian beruntun menyerang satu keluarga, lantas menyebar ke pemukiman sekitar 300 meter dari dugaan rumah pertama mengidap DB.

Ketiga puluhan orang itu, kata Kades, sebagian sudah menjalani pengecekan oleh pihak Dinkes dan UPTD Puskesmas terdekat. Fogging (pengasapan) juga sempat dilakukan oleh dinkes seluas radius 100 meter. “Pernah seminggu yang lalu ada 8 dokter yang periksa, yang sakit dikumpulkan di Balai Desa. Sekitar 18 orang diperiksa sejauh ini hasilnya kita belum tahu. Fogging juga kami tambahkan dan laksanakan sendiri oleh warga dan perangkat desa.”

Sedangkan untuk penanganannya, lanjut Kades, sebagian besar hanya menjalani perawatan rumah karena terkendala biaya dan uji lab. Makanya ia berharap agar ada bantuan untuk biaya pengobatan terhadap korban.

“Supaya tuntas agar pengobatan korban dapat ditanggulangi oleh pemerintah, karena sebagian dari mereka merupakan keluarga tidak mampu dan hanya bisa mendapatkan perawatan rumah.” kata dia.

Sementara itu pihak Rumah Sakit Islam Takwa Belitang membenarkan jika ada seorang warga dari Desa Tanjung Mas yang meninggal karena Demam Berdarah.

“Dalam catatan kami ada seorang berinisial G warga Desa Tanjung Mas yang meninggal karena DB.” kata dr Fahrizal selaku direktur RSI Takwa Belitang yang dihubungi swarasumsel.com via telepon genggam.

Hingga berita ini turun, belum ada keterangan resmi dari Dinas Kesehatan OKU TIMUR. Kepala Dinas Kesehatan Zainal dan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Umaidah Kosim Ssi, APT tidak berada di kantor saat dicoba konfirmasi oleh wartawan di Martapura Jumat 5 Juli ini.(Triangga)