Sambangi 21 Desa, Cari dan Obati Pasien TB

332 views

OKU TIMUR – Untuk mewujudkan program wilayah Kecamatan Semendawai Timur bebas TB ( Tuberkolosis ). Kepala Puskesmas Dewi Risma, SKM dan pegawai Puskesmas Burnai Mulya turun langsung ke 21 desa yang ada di wilayah Kecamatan Semendawai Timur untuk mendatangi warga yang mengindap sakit TB untuk selanjutnya akan diobati.

Dari 21 Desa yang telah mereka datangi ada sekitar 14 orang yang menderita penyakit TB. Data yang didapat ini hasil kerja sama dengan Kepala Desa, Bidan Desa dan Kader yang sudah dibentuk sebanyak dua orang setiap desanya.

“Ke-14 orang yang menderita penyakit TB ini kami ketahui setelah kami terjun langsung ke desa-desa. Dengan kata lain kami melakukan jemput bola. Kalau kita hanya menunggu pasien datang ke Puskesmas akan sulit, karena kebanyakan warga masih segan melaporkan bahwa diri atau keluarga mereka ada yang menderita TB,” kata Dewi Risma saat dibincangi wartawan.

Lebih lanjut Dewi menjelaskan, pihak Puskesmas Burnai Mulya akan melakuan pengobatan selama 6 bulan kepada warga pengidap TB. Target mereka selama diberi pengobatan pasien harus sembuh. Ini juga merupakan bagian dari Program Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Provinsi Sumsel dan juga Nasional.

“Karena biasanya pasien TB akan sembuh kalau dilakukan pengobatan sampai 6 bulan. Makanya kami menargetkan sembuh selama 6 bulan tersebut,” ujarnya.

Dewi berharap, pihak Desa melalui Kades yang sudah dibentuk di tiap desa masih terus mencari dan mendata jika ada warga yang mengindap penyaki TB untuk secepatnya melaporkan ke Puskesmas.(firman)