950 Calon Haji OKU Timur Batal Berangkat

Tidak ada komentar 307 views
Ilustrasi Kepulangan Haji 2019 silam. Di 2020 suasana seperti ini dipastikan tidak akan terjadi di Kabupaten OKU Timur karena pembatalan kuota haji Indonesia 2020 oleh pemerintah Arab Saudi

OKU TIMUR – Menyusul kebijakan pemerintah yang meniadakan keberangkatan haji dari Indonesia di 2020 ini, dipastikan hampir seribu calon jamaah haji (CJH) Kabupaten OKU Timur terpaksa batal berangkat haji.

Informasi yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) OKU Timur mengatakan total sebanyak 950 orang dari Kabupaten OKU Timur yang terdampak pembatalan ini.

“Mereka terdiri dari 888 jamaah reguler awal, 22 jamaah lansia dan 40 jamaah haji terpisah mahram yang terpaksa ditunda keberangkatannya.” Kata Abdul Rosyid SAg MM dibincangi via whatsapp, Selasa 2 Juni 2020.

Ia menyebut jika hal tersebut hanya penundaan. Akibat gejolak wabah yang masih belum mereda, maka Calon Jamaah Haji (CJH) Indonesia akan diberangkatkan di tahun depan. “Mekanismenya mereka yang tahun ini akan dimundurkan tahun depan (2021-red). Sedangkan yang rencananya akan berangkat pada tahun 2021 akan dimundurkan pada 2022.” Jelasnya lagi.

Ditanya apakah penundaan ini berlaku di seluruh negara di dunia selain Indonesia, Abdul Rosyid mengaku tidak tahu persis. Ia menduga mungkin ada penerapan berbeda-beda di tiap negara. ” Ya mungkin negara lain juga seperti kita, atau (Arab Saudi-red) punya kebijakan tersendiri. Yang jelas keputusan ini khusus untuk indonesia.” Tutupnya.(Triangga)