Aman, Hingga 19 Maret OKU Timur Bebas Covid-19

Tidak ada komentar 248 views
Layanan Pengaduan terkait Covid-19 yang dibuka oleh PSC 119 Dinas Kesehatan OKU Timur

OKU TIMUR – Hingga Kamis 19 Maret 2020, OKU Timur dinyatakan bebas dari Covid-19. Pernyataan dari Direktur RSUD Martapura dan Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur diharapkan dapat memupus keresahan yang terjadi di masyarakat 4 hari belakangan.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Martapura OKU Timur dr Dedi Damhudi, pastikan kondisi rumah sakit RSUD Martapura sampai dengan saat ini belum ada satupun ditemukan kasus pasien penderita coronavirus oleh petugas kesehatan.

Ia menyampaikan bila ada pasien corona pastinya Pemerintah OKU Timur melalui Dinas kesehatan dan RSUD, jelas tidak akan diam pasti akan ada tindakan dan memberikan langkah pengobatan bagi penderita.

Namun, menurut pantauan Sosial media ada beberapa postingan terkait covid-19 di beberapa rumah sakit di OKU Timur. Terkait postingan tersebut, tidak ada satupun pihak terkait yang mau berkomentar. Termasuk Direktur RSI Takwa Belitang yang enggan berkomentar terkait informasi adanya 2 pasien yang dikabarkan masing-masing berstatus positif dan PDP.

“Kami tidak bisa memberikan komentar terkait hal itu. Silakan hubungi kepala dinas kesehatan untuk konfirmasi mengenai covid-19” kata Direktur RSI Takwa Belitang, dr Fahrizal.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Zainal Abidin ketika saat di konfirmasi mengenai isu yang viral di sosial media menurutnya, pada prinsipnya kita harus hadapi dan waspada dan tidak boleh panik.

Kami telah siapkan segala sesuatunya dalam menghadapinya dan menjamin seluruh insan kesehatan dimulai dari bidan, perawat, dokter umum dan spesialis, disiapkan selama 24 Jam serta APD (alat pelindung diri) juga telah siapkan walau masih terbatas karena barangnya langka.

Selain itu zainal, berikan himbauan pada masyarakat agar dapat berupaya lakukan pencegahan. Selain belajar hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungannya agar tetap bersih dan terbebaskan dari segala penyakit, dikarenakan lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Di OKU Timur sendiri membuka layanan telepon darurat terkait serangan Covid-19. Dibawah PSC 119 Dinkes OKU Timur membuka layanan pengaduan. Masyarakat bisa menghubungi nomor telepon ke 0822 1992 1119.(Triangga)