Anggaran Pilkades OKU Timur RP 11 Miliar

Tidak ada komentar 59 views

Kesibukan suasana di Dinas PMD OKU Timur menerima berkas keterangan dari para bakal calon peserta pemilihan kepala desa 2021

 

OKU TIMUR – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak pada 2021 di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur akan menyerap anggaran sebesar Rp 11 Miliar. Anggaran itu nantinya akan dialokasikan untuk penyelenggaraan di 223 desa yang akan melaksanakan Pilkades.

Dikatakan oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Hendri Nursandi ketika dibincangi oleh awak media (21 Januari 2021) Rp 11 miliar itu berasal dari APBD OKU Timur yang akan dialokasikan antara lain,

“Untuk  pengadaan surat suara, undangan, kotak suara dan honor panitia. “Sebagian lagi untuk anggaran pengamanan dari aparat hukum di TPS” kata dia di sela kegiatan.

Terkait untuk hal-hal lain yang dibutuhkan oleh panitia pemilihan kepala desa setempat, jika alokasi anggaran Rp 11 milair itu nanti dirasa kurang, lanjut dia, itu menggunakan dana ADD kabupaten, “misalnya kebutuhan pengadaan ATK atau transport panitia selama persiapan, itu diambil dari dana ADD atau bisa juga dari income desa kalau ada pemasukan dari unit usaha desa,” lanjutnya lagi.

Ditanya mengenai teknis kapan anggaran itu akan disalurkan ke desa-desa, Hendri mengatakan hal tersebut masih akan dirapatkan untuk teknisnya.

Rencananya Pilkades serentak di Kabupaten OKU Timur akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang. Sejak dibuka pada 18 Januari, hingga 21 Januari ini nampak kesibukan yang signifikan di Kantor Dinas PMD OKU Timur di Martapura, Bidang Pemdes sudah menerima sebanyak 324 berkas surat keterangan belum pernah menjabat kepala desa selama 3 kali. Jumlah ini diperkirakan akan bertambah hingga penutupan pendaftaran calon kepala desa pada 28 Januari mendatang.(Triangga)