Angkutan Desa Mudahkan Transportasi Rakyat Pinggiran

776 views

swarasumsel OKUT– Ke depan, masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) akan memiliki angkutan perdesaan yang memiliki trayek tujuan kota Martapura. Nantinya, masyarakat dari desa di 20 Kecamatan di Kabupaten OKUT dapat menggunakan angkutan ini jika hendak ke Kota Martapura. Bantuan tersebut saat ini telah diterima melalui Dinas Perhubungan OKUT.

“Armada ini diperuntukkan untuk angkutan daerah pinggiran menuju ibukota Kabupaten, semoga dapat membantu bagi masyarakat yang berada di daerah pinggiran,” ungkap Bupati OKUT Kholid Mawardi dalam kunjungan kerja di Kecamatan Martapura pada 10 Oktober lalu.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan OKUT, Ahmad Junaidi mengatakan, fasilitas angkutan ini merupakan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik afirmasi Bidang Transportasi 2017, dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Secara rinci, bantuan berupa dana yang akan dibagi menjadi 4 termin, 30 persen di termin ganjil dan 20 persen di termin genap.

Pemerintah OKUT membeli lima unit mikro bus yang diperuntukkan bagi daerah-daerah pinggiran dalam mengangkut penumpang maupun barang. “Ini sesuai dengan program Presiden Joko Widodo membangun dari daerah pinggiran dan bertujuan untuk mengurangi kesenjangan wilayah dengan meningkatkan mobilitas dan distribusi barang, jasa melalui penyediaan sarana dan prasarana transportasi,” terangnya.
Adapun pengadaan lima unit mikro bus tersebut menurut Ahmad Junaidi dilakukan dengan sistem e-catalog sehingga sesuai aturan. Kelima unit itu akan dibagi ke lima desa yang berada di kecamatan yang lokasinya berada jauh dari pusat kota dan telah disepakati antara Kementerian dengan Pemkab OKUT.

“Adapun desa dimaksud yaitu Desa Karsajaya Kecamatan Belitang Jaya, Desa Bunga Mayang, Kecamatan Jayapura, Desa Nikan Kecamatan Madang Suku III, Desa Gunung Batu Kecamatan Cempaka dan Desa Burnai Mulya Kecamatan Semendawai Timur,” pungkasnya.(rel/humas OKUT)