BAWASLU OKU TIMUR GENCAR SOSIALISASIKAN PEMILU

219 views

image

OKU TIMUR – Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten  Ogan Komering Ulu Timur (OKU TIMUR) atau Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar kegiatan Sosialisasi pengawasan pemilu dalam rangka pengawasan tahapan kampanye pemilihan DPR, DPD, dan DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019. Kegiatan ini diikuti organisasi kemasyarakatan, partai politik (Parpol),  Satpol PP, unsur muspida dan KPU di gedung Parai Puri Tani, Martapura, OKU Timur.

Mengingat pemilu 2019 sangat besar dan luas cakupannya, tentu Bawaslu tidaklah cukup mampu melakukan pengawasan tersebut. Oleh karena itu, keterlibatan dan peran aktif elemen masyarakat untuk ikut mengawasi Pemilu akan sangat membantu terwujudnya Pemilu yang jujur, adil dan berkualitas.

Maksud tujuan dari sosialisasi ini untuk mengetahui tentang jadwal dan jenis kampanye, mengetahui tentang larangan kampanye, terjalinnya sinergitas antara penyelenggara, pemerintah daerah dan semua stakeholder, tercapainya pemilu yang sukses, aman, damai, dan kondusif tanpa meninggalkan residu sehingga menghasilkan pemimpin-pemimpin yang amanah.

Di samping itu Ketua Bawaslu OKU TIMUR Ahmad Ghufron menyampaikan bahwa Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sebagai upaya mengajak keterlibatan seluruh calon pemilih, ormas dan masyarakat untuk senantiasa menaati aturan tentang pelanggaran pada tahapan proses Pemilu,

Dimana sosialisasi ini juga dihadiri kurang lebih 60 peserta dari berbagai partai politik, perwakilan ormas dan masyarakat,” katanya.

Sementara, Junaidi Ahmdan S,E MSi mengatakan, pemilu itu merupakan adalah hak warga negara, hak  untuk menentukan dan memilih pemimpin yang menurut masyarakat pas untuk dipilih dan sejumlah tahapan yang perlu diketahui dan mendapat pengawasan dari Bawaslu OKU TIMUR.

“Agenda Pemilu 2019 terbilang padat karena akan digelar serentak pemilihan anggota DPRD, DPD, DPR, dan juga pemilihan presiden (Pilpres), pemilu tahun ini hidup dan mati partai politik,” katanya.(Rizal Arisandi)