Belasan Kilometer Jalan Kabupaten Rusak Parah

598 views

OKU TIMUR – Ruas jalan milik kabupaten di Kelurahan Veteran Jaya, Kecamatan Martapura rusak parah. Warga sekitar kerap terbiasa dengan pemandangan kemacetan jalan penghubung Kecamatan Martapura – Buay Pemuka Peliung ini, misalnya jelang waktu buka puasa pada Senin sore 13 Mei.

Sebuah mobil terperosok ke dalam lubang sekira 50 cm. Faktor jalan yang rusak, ditambah genangan air membuat ban belakang truk nopol BG 8030 Y terjebak sekitar dua jam lebih. “Maju salah mundur juga salah.” kata kenek bernama Fredi, ia dan rekannya membawa muatan batu bata untuk pemesan di Kota Baturaja.

Situasi kemudian memburuk lantaran mobil terjebak hingga hampir memakan keseluruhan badan jalan, membuat kemacetan tidak dapat terhindar. Total 15 mobil dari arah yang saling bertentangan terpaksa berhenti di tengah ruas jalan Desa Veteran Jaya.

Satu mobil nopol BG 8612 FN dari arah Baturaja yang memaksakan diri untuk melaju telah membuat dinding got di sekitar jalan pecah. Tapi sang sopir bernama Galib mau bertanggung jawab.

“Hal seperti ini sudah terlalu sering terjadi. Harus ada perbaikan yang menyeluruh agar perekonomian tidak terganggu. Kemarin dulu sempat ditimbun menggunakan kerikil oleh salah satu caleg. Tapi karena timbunan tanah bukan aspal, maka rusak lagi tak sampai sebulan.” kata Rusli (63) warga setempat.

Yanto (47) warga lain juga berkomentar. Ruas jalan Veteran Jaya hampir dalam kurun waktu delapan tahun belum disentuh proyek pengaspalan. “Kalaupun ada proyek, cuma tambal sulam paling-paling berapa meter, itu pun jauh di (dusun) Sungai Durian sana.” kata dia.

Warga berharap agar kerusakan dapat segera teratasi. Sebagai wilayah yang berada di Ibukota Kabupaten, kata warga, seharusnya kerusakan jalan tidak perlu sampai terjadi separah ini.

Hingga berita ini diturunkan pukul 19.22, sejumlah sopir dan warga setempat masih berusaha mengeluarkan truk yang terjebak.(triangga)