Bioflock BUMDes Pariperkasa Desa Ringin Sari Panen Perdana

996 views

[swarasumsel] BELITANG III – Desa Ringi Sari merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Belitang III yang perdana memiliki BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Kehadiran BUMdes merupakan realisasi dari telah turunya dana desa berasal dari APBN Tahun 2017 yang salah satu peruntukanya untuk pembentukan BUMDes.

Penan Perdana Bioflock Lele BUMDes Pariperkasa Desa Ringi Sari, Kecamatan Belitang III.

Zainul Adhar SP selaku Ketua BUMDes Pariperkasa Desa Ringin Sari, Kecamatan Belitang III mengatakan, BUMDes milik Desa Ringin Sari bernama Pariperkasa bergerak di tiga bidang usaha yaitu, bioflock ikan lele, pembudidayaan jamur tiram, dan pelayanan pembayaran PLN.

 

“Untuk jumlah bioflock lele BUMDes Pariperkasa terdapat 3 buah, sementara yang kami lakukan pemanenan perdana kemarin, yaitu hanya satu bioflock saja dengan menghasilkan panen ikan lele sebanyak 150 kg, sedang dua bioflock menyusul pemanenanya,” jelasnya.

 

Dikatakannya, beberapa waktu yang lalu BUMDes Pariperkasa bahkan telah mendapat peninjauan langsung dari Bapak Abdul Alim selaku Camat Belitang III dan Kapolsek Belitang III.”Keberadaan Bioflock lele ini sejalan dengan harapan pemerintah kabupaten OKU Timur yang sedang menggalakkan peningkatan ekonomi dan menumbuhkan jiwa mandiri kepada masyarakat melalui budidaya ikan melalui bioflock,” Kata Zainul.

 

Sementara Kepala Desa Ringin Sari Heri Sunarno mengatakan, merasa puas atas hasil panenen perdana bioflock ikan lele BUMDesa Pariperkasa, dirinya bangga atas kerja generasi muda yang telah berusaha memajukan desa dengan bergabung mengelola BUMDes. “Untuk tenaga yang menangani BUMDes Pariperkasa kami sengaja memberdayakan generasi muda didesa, terutama mereka lulusan kuliahan yang kembali kedesa mayoritas pengelolanya anak muda. Hasilnya panen bioflock ikan lele sangat memuaskan,” pungkasnya.(apen)