BLT Dana Desa OKU Timur Mulai Disalurkan, Menyasar 14.101 Keluarga

Bupati OKU Timur Kholid MD, Kadin PMD dan Komandan Kodim 0403 OKU menyalurkan BLT DD pada masyarakat

OKU TIMUR – Sebanyak 14.101 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tercatat akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) anggaran Dana Desa (DD) di Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan. Kegiatan ini ditandai dengan penyaluran BLT DD yang dilakukan oleh Bupati Kholid MD, pada Rabu siang 10 Juni 2020, secara terpisah di dua kecamatan.

Rabu sekitar pukul 10.00 WIB Bupati Kholid MD didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rusman dan Komandan Kodim 04/03 OKU Letkol ARH Tan Kurniawan menyerahkan secara simbolis BLT DD se-Kecamatan Belitang Madang Raya (BMR).

Sebanyak 564 KPM yang terdiri dari gabungan 16 desa se-Kecamatan BMR berhak menerima bantuan. Dalam arahan bupati, bantuan itu agar dihemat hingga bulan depan, dan tidak dibelanjakan untuk sesuatu yang sifatnya bukan kebutuhan pokok. “Agar dapat digunakan sebaik-baiknya, jangan malah beli henpon.” Seloroh Bupati.

Dalam arahannya Kholid MD berharap agar masyarakat dapat bersabar menghadapi serangan wabah ini. Pemerintah pun meski terdampak tetap akan melaksanakan pembangunan dengan skala prioritas.

“Dengan anggaran yang terbatas, pemerintah akan tetap memperhatikan hak masyarakat antara lain sarana infrastruktur yang baik. Misalnya seperti di jalan poros Kecamatan BMR yang saya lewati tadi, tahun ini sudah dianggarkan Rp 5 Miliar untuk dibangunkan, biar jalannya ga mantol-mantol lagi.” Kata Bupati berkelakar yang disambut tepuk tangan.

BLT DD yang mulai disalurkan secara serentak pada hari ini di 20 kecamatan di OKU Timur adalah bantuan yang ditujukan dari bulan April, Mei dan Juni. Dengan besaran Rp 600 ribu rupiah tiap bulan. “Totalny Rp 1,8 juta untuk tahap pertama, kemudian untuk bulan Juli, Agustus dan September akan diberikan sebesar Rp 300 ribu tiap bulan atau total Rp 900 ribu.” Kata Rusman saat dibincangi wartawan.

Usai ibadah zuhur dan makan siang, Bupati beserta rombongan bertolak menuju Desa Sri Wangi, Kecamatan Semendawai Suku 3 (SS3) untuk melakukan penyaluran BLT DD. “Kalau di SS3 tercatat 527 KPM yang akan menerima penyaluran BLT ini. Se-OKU Timur penyerapan Dana Desa untuk BLT ini kurang lebih mencapai Rp 40 miliar.” Tutup Rusman.(Triangga)