Bupati Ajak Masyarakat Memupuk Jiwa Wirausaha

Tidak ada komentar 54 views

OKU TIMUR – Bupati OKU Timur Kholid Mawardi S.Sos M.Si mengajak pejabat dan masyarakat untuk memiliki mental entrepreneurship (wirausaha). Salah satu yang disinggung adalah wirausaha di bidang peternakan.

Dalam arahan di kegiatan Pengembangan dan Rencana Kerja Perikanan dan Peternakan, Kholid berpesan meski menumbuhkan mental wirausaha sangat sulit, namun menjanjikan keuntungan dan juga menumbuhkan jiwa mandiri.

“Ada cerita dulu. Petani memulai ternak hanya dua ekor sapi. Tapi karena memiliki niat dan keyakinan, alhasil dapatlah modal tambahan pinjaman dari bank. Alhasil sekarang sudah berkembang sekarang ternaknya.”

Kemudian, kata Kholid kalau mau usaha juga harus yakin jangan latah. “Terus kalau mau usaha, jangan ikut-ikutan. Yakin saja. Jangan melihat. Di Belitang 2 pada 2010 rame masyarakat tanam karet. Sekarang harga hancur lihat sendiri.” Kata dia.

Data yang dihimpun dari Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan OKU Timur, Tubagus Sunarseno mengatakan, kabupaten mampu memproduksi 2 rb ekor sapi per-tahun. Pemerintah menargetkan pada 2020 akan meningkat sebanyak 10 – 11 ribu ekor sapi.

“Karena daging sapi kami lihat memiliki nilai ekonomi yang baik. Dari sisi itu tentu saja ada peluang bagi masyarakat untuk memperbaiki perekonomian.”

Salah satu cara mendorong produksi, kata Tubagus, dengan membantu peternak untuk memaksimalkan perkembang biakan sapi peliharaan. “Dengan cara suntik birahi. Itu akan dilakukan oleh 60 tenaga inspirator yang sudah disebar di 20 kecamatan. Tugas mereka memastikan memeriksa kehamilan, produksi hingga membantu proses kelahiran bahkan melakukan operasi sesar.” Kata dia.(Sus)