Bupati OKU Timur Buka Musrenbang Lima Kecamatan

Tidak ada komentar 232 views

OKU TIMUR – Bupati OKU Timur HM.Kholid Mawardi buka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat 5 Kecamatan. Ini bertujuan untuk program rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2021.

Dilaksanakan di Aula Kecamatan Buay Pemuka Peliung pada Senin pagi 24 Februari 2020, lima kecamatan itu antara Kecamatan BP Peliung, Martapura, BP Bangsa Raja, Jaya Pura dan Bunga mayang.

Musrenbang tingkat Kecamatan tahun 2020, guna mensinkronisasikan semua rencana program yang akan dilaksanakan di setiap kecamatan, serta dapat menetapkan prioritas rencana yang bersifat realistis, penting dan mendesak dan memiliki dampak nyata, terukur, dan langsung dirasakan oleh masyarakat serta dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten OKU Timur tahun 2021.

Menurut Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi dalam sambutan mengatakan,”Pelaksanaan Musrenbang ini adalah amanat dari Undang-undang nomor 25 tahun 2004, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional yang bertujuan, untuk mendapatkan masukan awal dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten OKU Timur tahun 2019.

Sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan di Kecamatan dengan prioritas perangkat daerah sebagai instansi teknis pelaksana program atau kegiatan di daerah,” kata Kholid saat sambutan.

Selain itu, Bupati berharap, seluruh sektor dalam kehidupan masyarakat dapat meningkat menjadi lebih baik, sejalan dengan proses pembaharuan diberbagai bidang pembangunan dan perencanaan pembangunan tahunan merupakan kegiatan yang dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan sesuatu yang baik dan berucap terimakasih kepada seluruh jajaran Pemerintah kabupaten Oku Timur yang telah bersama-sama membangun daerah ini,’’ ungkapnya.

Sementara itu Kepala Beppeda dan Litbang OKU Timur, Ir Yos Sugiyono menyampaikan, tujuan diadakan Musrembang tingkat kecamatan ini untuk membahas dan mensingkronkan usulan rencana program dari seluruh unsur yang terlibat dengan mengacu kepada dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2016-2021. Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) OKU Timur dan Rencana Tata Ruang Provinsi.

Selain itu dirinya juga menjelaskan,’’ tingkat kemiskinan telah menuai hasil yang cukup menggembirakan bagi daerah ini, sebagaimana di tahun 2019 tingkat kemiskinan di OKU Timur mencapai 10,43 %, dan mengalami penurunanan dari tahun sebelumnya di tahun 2018 sebesar 10,57%, tingkat kemiskinan tersebut terendah di seluruh kabupaten di provinsi sumatera-selatan, sehingga terjadilah penurunan yang cukup signifikan pada tahun 2019 angka kemiskinan mencapai 5,85% jika dibanding tahun 2018 yakni di angka 3,1%,hal ini ada keterkaitan dengan pertumbuhan ekonomi,’’Jelanya.

Melalui Musrenbang tahun 2020 ini mengarah pada program dan rencana tahun 2021, dapat menurunkan angka kemiskinan menjadi 1 digit, dan mengurangi angka pengagguran serta pertimbuhan ekonomi yang berkualitas dan meningkatnya kesejahteraan dalam masyarakat.” Pungkasnya.(Joni).