Bupati OKU Timur Inginkan 5 bidang Pertanian di OKU Timur Sukses

Bupati OKU Timur Memberikan Penghargaan Kepada Penyuluh Pertanian Berprestasi

 

OKU TIMUR – Digelar di aula Balai Rakyat, Kompleks Pemkab OKU Timur, sebanyak 300-an orang tenaga penyuluh tani se-OKU Timur mengadakan pertemuan. Menjelang masa jabatannya, Bupati OKU Timur Kholid MD berharap penuh agar pertanian di OKU Timur dapat sukses. Sehingga para penyuluh dituntut untuk profesional dan cakap.

 

Tenaga penyuluh pertanian diharapkan mampu mengubah pola pikir petani menjadi lebih baik. “Termasuk merubah paradigma dalam pola tanam agar meningkat hasil dan pendapatan ,” kata Kholid seraya mengatakan jika petani harus bisa diyakinkan jika ingin pertanian sukses. “Petani diajak untuk mau mengutamakan kualitas tanaman. Penyuluh agar semangat untuk menggelorakan pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, dengan manajemen yang lebih baik.” ungkapnya di hadapan 300-an penyuluh tani, Senin pagi 8 Februari 2021.

 

Hadir dalam kegiatan itu, Plt. Kepala Dinas Pertanian Sumsel Ir. Bambang Pramono, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sumsel Ir. Rasuan Effendi, Kepala Dinas Pertanian OKU Timur Ir. M. Husin, Para Penyuluh Pertanian se-Kabupaten OKU Timur.

 

Selain itu, Kholid MD meminta lima bidang petani pertanian di OKU Timur semuanya harus sukses. “Alhamdulillah, OKU Timur saat ini sudah ada binaan untuk pertanian cara organik, untuk lahannya akan diperluas lagi sehingga Kabupaten OKU Timur bisa mandiri pangan secara keseluruhan,” ujarnya

Sementara Kepala Dinas Pertanian, OKU Timur M. Husin mengatakan Dalam rangka mewujudkan OKU Timur sebagai lumbung pangan provinsi Sumatera Selatan dan Mempercepat target pertanian di OKU Timur, diisi dengan penyuluh satu desa satu penyuluh pertanian di antaranya tenaga berstatus ASN berjumlah 72 orang, penyuluh pertanian swadaya sebanyak 97 orang, tenaga karyawan lepas PHL sebanyak 28 orang tenaga kontrak Pendamping pembangunan 3 orang dan Pendamping ekonomi pertanian sebanyak 194 orang.

 

Jumlahnya tenaga penyuluh untuk membantu petugas Pertanian demi meningkatkan hasil pertanian melalui program yang telah di lakukan agar dapat menumbuhkan peningkatan hasil pertanian.

 

Sementara meningkatnya akan kebutuhan padi Organik OKU Timur telah tersedia lahan padi Organik di 3 kecamatan sebanyak 37 hektar dan beras Organik kini telah mendapatkan sertifikat beras organik.

 

Selain itu diharapkan dukungan pemerintah daerah dan pemerintah pusat agar memperlancar usaha rakyat dibidang Pertanian. “Saya berharap petani bisa lebih pintar berbudidaya dilahan pertanian sekaligus tahu apa yang dibutuhkan pasar dan mana saja yang bisa mengutungkan,” terangnya.

Husin optimistis, jika petani bisa mengaplikasikan pola tanam yang benar, bukan mustahil target pertanian bisa terpenuhi, “Target kedepan produksi padi akan kita tingkatkan dari delapan ratus ribu ton bisa naik, sedangkan untuk tanaman organik lahan bisa lebih luas lagi .(Triangga)