Bupati Perintahkan Instansi Pemerintah Membuat Tandon Cuci Tangan

291 views



OKU TIMUR – Bupati OKU Timur Kholid MD mengajak segenap pihak untuk bahu-membahu dalam perang lawan virus corona. Antara lain perintah bupati mengenai pembuatan tandon cuci tangan di instansi hingga ke desa-desa.

“Perang terhadap wabah ini harus kita lakukan dengan kompak, kita bisa mencontoh hal-hal positif dari daerah lain.” Kata Bupati Kholid MD saat menyampaikan arahan dalam rapat Koordinasi Bencana bersama segenap unsur Forkopimda, di Aula Bina Praja 1, Martapura, Selasa pagi 7 April 2020.



Terkait di instansi pemerintah maupun di kantor-kantor milik perusahaan atau swasta, kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan Polres, Armed, BUMN, BUMD dan perusahaan yang beroperasi di OKU Timur dihimbau agar menyediakan tempat pencucian tangan.

“Buatkan tempat pencucian tangan, tadi seperti di pasar Martapura, itu sangat efektif bagi masyarakat luas. Di dinas-dinas agar segera dibuat seperti itu.” Tegas Bupati lagi.

Kemudian di tingkat desa, Bupati mintakan pencairan Dana Desa sebesar 40 di persen di pertengahan April mendatang agar APBDes memasukkan pengadaan masker, penyemprotan antiseptik disinfektan dan pengadaan tandon air.

“Di desa-desa agar membuatkan tempat cuci tangan, dan disebar di beberapa titik di desa. Tolong agar PMD koordinasikan dengan Kepala Desa.” Perintah bupati lagi.

Sementara itu berdasarkan dari laporan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Timur, Mgs Habibullah mengatakan posko pemantauan Covid-19 yang sudah berjalan selama dua pekan di eks terminal Martapura berhasil memantau sebanyak 2821 pemudik.

Sejauh ini masih nihil temuan kasus, meski sempat beredar isu di masyarakat. Namun sejauh ini hasilnya negatif. Tim juga telah menyiapkan ruang isolasi antara lain di Gedung Eks Rumah Sakit Ibu dan Anak Gumawang.(Triangga)