Bus DAMRI Baturaja – Palembang Resmi Beroperasi

907 views



OKU – Untuk meningkatkan pelayanan dan mempertahankan eksistensi keberadaan angkutan umum, Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Drs. H Kuryana Aziz resmi melaunching layanan angkutan umum Bus Damri dengan trayek Baturaja – Bandara (Palembang), Rabu 22 Oktober pagi, di terminal tipe C Tanjung Baru, Baturaja.



Peresmian operasional Bus Damri itu ditandai dengan prosesi pecah kendi oleh Bupati dan didampingi Dandim 0403/ OKU, Letkol Arm Agung Widodo beserta pihak pengelola Damri Baturaja.


Di dalam kesempatan itu Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Drs. H Kuryana Aziz mengatakan, bahwa hadirnya bus Damri ini bukan untuk menyaingi angkutan umum lainnya yang ada di Baturaja.


Tujuannya tak lain ialah untuk mempermudah dan mempercepat akses masyarakat dari Baturaja menuju Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang dan sebaliknya. Apalagi ongkos/ tarifnya tergolong murah. Hanya Rp60 ribu sekali berangkat.


“Jadi ini bukan untuk bersaing. Angkutan ini untuk memberikan kemudahan-kemudahan bagi masyarakat dari Baturaja ke Bandara dan sebaliknya. Termasuk kita yang dari dinas-dinas. Kalau mau hemat dan murah, ya naik ini. Hanya Rp60 ribu. Kalau kita bawa mobil sendiri, uang Rp300 ribu pulang pergi pasti tidak cukup. Apalagi kalau pakai mobil mewah. Bisa-bisa sejuta masih kurang untuk pulang pergi,” ketika ditemui disela-sela acara, Senin (22/10/2018).


Oleh karena itu, ia mempersilahkan segenap masyarakat di Bumi Sebimbing Sekundang untuk memanfaatkan keberadaan bus yang disediakan oleh Perum Damri itu.


“Daerah-daerah lain sudah mendahului. Seperti, Prabumulih, Muaraenim, Muba dll. Bahkan Prabumulih malah sudah banyak armadanya. Jadi sekali lagi ini bukan untuk menyaingi, melainkan mempercepat akses masyarakat dari kota ke kota,” Sambungnya.


Andik Siswanto selaku koordinator damri di Baturaja, menuturkan bahwa pihaknya sebetulnya telah menyiapkan 10 armada keluaran tahun 2015 untuk trayek Baturaja – Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dan sebaliknya.


Namun, untuk saat ini baru 4 (empat) armada dulu yang dioperasionalkan. 2 (dua) armada berangkat dari Baturaja menuju Bandara. Dan dua armada lainnya berangkat dari Bandara menuju Baturaja.


“Untuk dari Baturaja berangkat pukul 05.00 wib dan pukul 09.00 wib, pukul 17.00 wib dan 18.00 wib. Sedangkan dari bandara ada yang berangkat dari pukul 08.00 wib, pukul 10.00 wib, pukul 15.00 wib dan 17.00 wib”pungkasnya.(Erlangga)