Caleg Laporkan Kecurangan di TPS

Tidak ada komentar 199 views
Ersya didampingi pengacara saat ditanyai wartawan di Sekretariat Bawaslu OKU TIMUR Kamis 25 April 2019

OKU TIMUR – Di sosial media di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur beredar video dugaan kecurangan di salah satu TPS. Tepatnya di Desa Muncak Kabau, Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja, dalam video itu tampak kotak suara yang seharusnya tertutup dibuka oknum. Tampak pula lembar suara telah dikeluarkan dan digeletakkan begitu saja. Buntutnya, hal itu dilaporkan ke Bawaslu OKU Timur. Pada Kamis siang 25 April 2019 laporan itu ditindaklanjuti dengan pemanggilan saksi-saksi.

Ersya, satu calon legislatif dari dapil 5 Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja merasa dirugikan atas insiden itu. Ini, kata pelapor, terkait penghitungan suara yang tidak sesuai dengan hasil saksi dari Ersya. melaporkan kekecewaan di Bawaslu OKU Timur pada Selasa 23 April silam.

Erik Estrada Kuasa Hukum dari Penggugat menuturkan dalam laporannya didapati temuan temuan seperti perbedaan jumlah suara serta perbedaan tandatangan di desa Muncak Kabau kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja. Di antaranya ditemukan selisih angka maupun tidak sinkron antara data dengan jumlah keseluruhan sebanyak 31 formulir. Kemudian ditemukan juga formulir C1 yang tercoblos tunggal hanya untuk satu nama Caleg sebanyak 4 formulir serta ada perbedaan tanda tangan di 26 formulir C1.

Terpisah, Ketua Bawaslu OKU Timur melalui Sekretaris Bawaslu Beni Tenagus menjelaskan pada tanggal 23 telah terjadi pelaporan atas dugaan kecurangan yang terjadi di dapil 5, dan sudah diregister pada Kamis 25 April dan memanggil pelapor dan saksi-saksi dimintai keterangan terkait hal yang dilaporkan.

“Pada prinsipnya Bawaslu menindaklanjuti ini dan kita akan memanggil terlapor KPPS, PPK dan KPU, jika memang dibutuhkan untuk diambil keterangan,” katanya.(Rizal Arisandi)