Cegah Stunting, Tim Inovasi Desa Lakukan Pelatihan

Tidak ada komentar 263 views

OKU TIMUR – Dalam rangka mendukung program pemerintah Pusat pada bidang konvergensi pencegahan stunting, Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Buay Pemuka Peliung laksanakan Pelatihan Sumberdaya Manusia (PSDM). Kegiatan dilakukan di Balai Desa Saung Dadi, pada Selasa 27 Agustus 2019.

Kegiatan itu sinergi dengan antusias peserta, yang dihadiri para Kader POSYANDU dan Perangkat Desa, Kepala Unit Pelayanan Tehnis Daerah UPTD Kesehatan BP Peliung, Tenaga Ahli Kabupaten Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa /TA PMD, Hadir juga dalam kegiatan itu Camat dan KAPOLSEK Buay Pemuka Peliung.

Rois Sholeh, TA PMD Kabupaten Saat dikonfirmasi media ini menjelaskan, tujuan dilaksanakan Pelatihan Pengembangan Sumberdaya Manusia ini adalah untuk mempersiapkan aparat Desa dan kader desa dapat memfasilitasi kegiatan konvergensi pencegahan stunting di desa.

“Aparat Desa dan Kader Desa memahami stunting dan kegiatan konvergensi pencegahan stunting di Desa, mampu menyusun rencana kegiatan konvergensi pencegahan stunting, Imbuhnya”.

Lebih lanjut ia menambahkan Kader Desa dapat menguraikan tugas-tugasnya dalam memfasilitasi Rumah Desa Sehat, mensimulasikan proses monitoring layanan konvergensi stunting.

“Tersusunnya rencana tindaklanjut bagi setiap Desa untuk memulai kegiatan konvergensi pencegahan di tahun 2019” Tambahnya lagi.

dr. Rustinah Salah Satu dokter yang bertugas di Kecamatan BP Peliung dan juga memberikan materi pada kegiatan ini menghimbau kepada peserta yang hadir untuk Menggalakan posyandu ibu dan anak, minimal 4x ke bidan atau puskesmas terdekat,

“Pemberian pil penambah darah (Fe) tujuannya adalah ketika anak lahir, agar anak tidak terkena anemia,Tambahnya”.

“Pencegahan stunting ada lima paket layanan dasar yakni Kesehatan Ibu dan Anak/KIA, konseling gizi, Perlindungan Jaminan Sosial, Sanitasi dan Air Bersih, Layanan Paud, Imbuhnya Lagi”.(Triangga)