Cuaca Ekstrim Pengaruhi Keberhasilan Ternak Ayam Pedaging

OKU TIMUR — Dalam menjalankan ternak ayam pedaging, salah satu cara yang ditempuh agar hewan ternak bebas dari penyakit adalah dengan rutin berikan vaksin. Sehingga di tengah terpaan penyakit Virus Corona dan Flu Burung, ternak yang dipelihara dapat bertahan. Keberhasilan ternak malah lebih dipengaruhi faktor cuaca

“Dari awal kami programkan perawatan melalui rekanan perusahaan dikarenakan. Jadi dari usia 4 atau 5 hari ayam ayam ini sudah di vaksin. Setelah itu usia 12 hari diberikan vaksin lagi. Insha Allah aman” kata Supriadi peternak ayam di desa Kotabaru Induk, Jalan Lintas Sumatera, Martapura ketika dibincangi wartawan Jumat petang (14 Februari).

Vaksin tersebut kata dia membuat ayam yang ia pelihara lebih tahan terhadap penyakit. Selama berbisnis ternak ayam ini, kata dia, sudah memasuki periode 7 kali panen (1 bulan sekali), angka kematian berkisar di angka 5 – 6 persen dari total 4 ribu hingga 6 ribu ekor.

Tapi kata dia, memang cuaca ekstrim (pancaroba) sempat membuat dirinya yang memperkerjakan dua orang staff, gagal panen. Ia sempat mengalami kerugian karena kematian ayam mencapai 35 persen. “Makanya berharap juga agar cuaca tidak terlalu ekstrim. Karena berpengaruh juga dengan keberhasilan.(Triangga)