Daftar Tunggu Haji di OKU Timur Sampai Tahun 2032

1433 views

Swarasumsel.com OKU TIMUR – Daftar tunggu pemberangkatan calon haji asal Kabupaten Oku Timur, Sumatera Selatan, yang telah mendaftar untuk berhaji ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi mencapai tahun 2032.

 

Hal ini terjadi karena tingginya masyarakat yang akan melaksankan rukun Islam ke lima. Tercatat di Kabupaten OKU Timur hingga akhir Desember 2017, jumlah pendaftar yang sudah menunggu untuk keberangkatan ketanah suci sebanyak 9.055 jemaah.

 

“Jadi 9.055 3 jemaah akan diberangkatkan ke tanah suci dari tahun 2018 hingga 2032, berarti daftar tunggu haji mencapai 14 hingga 15 tahun. Berarti yang mendaftar haji sekarang (Tahun 2018), baru akan berangkat pada tahun 2033 mendatang” Ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Timur H Abdul Rasyid S.Ag melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh H Budiman S.Pd.I, kepada Swarasumsel.com di ruang kerjanya, Selasa (30/1).

 

Menurutnya, untuk tahun 2017 jumlah pendaftar calon haji tercatat sebanyak 2.060 jemaah, sementara kuota jamaah yang berangkat setiap tahunnya tak menentu, pembagian kuota dilakukan oleh Kanwil.Di OKU Timur jumlah pendaftar haji selama setahun, keberangkatanya bisa untuk pemberangkatan selama tiga tahun.

 

“Untuk tahun 2018 ini, kuota lebih sedikit daripada tahun kemarin (2017) 800 Jemaah, sementara tahun ini kuota hanya berkisar diantara 600 hingga 700 jemaah,” terang Budiman.

Tampak Kasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kemenag OKU Timur H Budiman S.Pd.I sedang memantau pendaftar haji di ruang Siskohat, Kantor Kemenag OKU Timur, Selasa (30/1).

Dalam kesempatan tersebut juga dirinya berpesan, Bagi jemaah OKU Timur yang masuk dalam keberangkatan tahun 2018, segera untuk menyiapkan diri seperti menjaga kesehatan, mengikuti manasik haji mandiri maupun yang diselenggarakan oleh KBIH, dan yang belum memiliki paspor silahkan mengurus.

 

“Bagi jemaah yang belum jelas mengenai informasi yang haji, kuliah kita pernikahan menghubungi seksi penyelenggaraan haji Kemenag OKU Timur “pungkasnya.(naga)