Debat Publik Pilkada OKU Timur Digelar Tertib

Tidak ada komentar 253 views

PALEMBANG – Digelar di Palembang, Debat Publik Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OKU Timur berjalan tertib. Dengan penjagaan ketat, kegiatan yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur di Hotel Excelton Palembang pada Kamis 22 Oktober itu disiarkan secara live streaming lewat youtube dan saluran tv lokal dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ketua KPU OKU Timur Herman jaya S.Sos saat membuka kegiatan mengatakan, debat publik kali ini mengusung agenda pemaparan visi dan misi masing-masing calon. Serta kemudian dilakukan penajaman visi dan misi. Debat publik ini masyarakat OKU Timur bisa menilai, seperti apa visi dan misi paslon pilihannya ke depan.

Dimulai dari perkenalan masing-masing calon di hadapan panelis yang berasal dari akademisi universitas ternama di Palembang. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari calon Nomor urut 1 H Lanosin Hamzah menjelaskan pada misinya yang ingin membawa OKU Timur lebih maju dan lebih mulia sehingga dalam kemajuan itu akan menarik semua gerbong di OKU Timur.

“Selain itu tingkat ekonomi dan kesejahteraan, OKU Timur terdiri dari 20 kecamatan dan memiliki angka indeks pembangunan manusia sehingga angka kemiskinan diturunkan satu persen dan angka IPM di angka 70 saya yakin saya bisa menjadi apa yang diinginkan masyarakat,” tegasnya.

Menanggapi situasi kondisi Pandemi saat ini Lanosin menambahkan, “Saya yakin ini nyata, virus corona ini mahluk yang banyak dosa. Apabila ada yang terpapar maka akan kami bantu dalam penyembuhannya. Mengenai vaksin bagi warga yang kurang mampu maka akan kami beri secara cuma-cuma.”

Sementara, Paslon Urut 2 H Ruslan Taimi mengusung program OKU Timur Aman sehat sejahtera dengan visi misi : Aman, Ekonomi, Infrastruktur, Perkebunan, Perikanan dan Peternakan, Pendidikan dan Kesehatan.

“Keamanan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, ada Polres, Kodim, Pol PP akan bertugas sesuai fungsinya masing-masing. Sedangkan, untuk pendidikan kami akan memberikan seragam gratis mulai dari SD dan SMP baik negeri maupun swasta,”paparnya.

Terkait kondisi wabah corona saat ini Ruslan mengatakan, “Virus ini ada tapi saya meyakini tidak segawat itu. Pada 2002 ada Mers. Saya belum menemukan buku atau pernyataan jika level corona lebih gawat dari wabah Mers.

“Mengatasi corona dengan menjaga kebersihan dan secara agama juga dijelaskan kebersihan sebagian dari iman dan berjemur rata rata petani di OKU Timur dari mulai bangun tidur mereka langsung pergi ke sawah atau lebih jadi secara tidak sadar itu mereka terhindar dari Covid 19,”pungkasnya.

Di OKU Timur, para pendukung kedua pasangan ini menunjukkan dukungan dengan menggelar kegiatan nonton bareng di posko pemenangan masing-masing. Seperti terlihat di Posko Pemenangan pasangan Ruslan – Herly di Desa Tanjung Kemala, Martapura, sejumlah orang berkumpul menyaksikan jalannya debat.(Triangga)