Dua Bandit Ini Polisi Gadungan

1997 views

 

OKU TIMUR – Kepolisian Polres OKU Timur melalui Polsek Martapura berhasil meringkus 2 tersangka pelaku pungli. Modus keduanya mengaku sebagai Polisi untuk memeras pengendara yang melintasi lintas tengah Sumatera.

 

Dari keterangan yang dihimpun di Polsek Martapura, kedua pelaku adalah IA (23) warga Desa Kota Baru dan Yu (32) warga Tanjung Aman, mereka adalah tersangka atas kasus pemerasan LP.B/09/III/2018/sumsel/Okut/Sek Mpa, tanggal 21 Maret 2018.

 

“Kedua pelaku ini kerap mengaku sebagai anggota Kepolisian, mereka mengintai mobil di simpang empat Desa Tanjung Kemala, lantas pura-pura memeriksa kelengkapan surat kendaraan.

 

Jika tidak lengkap mereka mengancam jika mobil harus digelandang ke Polres,” kata Kompol Mahajavet selaku Kapolsek Martapura dalam jumpa pers dengan wartawan di Mapolsek, Cidawang Martapura.

 

Kata Kapolsek, keduanya merupakan bagian dari 10 kelompok yang kerap melakukan pungli dan pemerasan. Korban terakhir kedua pelaku ini adalah warga Metro Lampung yang harus menelan kerugian ponsel Samsung akibat dirampas.

 

Kedua tersangka akan dikenai pemberatan pasal 365 dengan maksimal ancaman hukuman kurungan 15 tahun. Beberapa bukti turut diamankan antara lain HP merek Samsung, 1 unit motor Matic Yamaha Mio, 1 helm dan satu buah sweater.

 

“Kami menghimbau agar rekan-rekan pelaku dapat menyerahkan diri ke Polsek. Ini juga sehubungan dengan instruksi Kapolres untuk sapu bersih Pungli di jalan Lingkar Desa Tanjung Kemala,” tegasnya.(Triangga)