Enos Minta Menteri Pertanian Stabilkan Harga Gabah 

Tidak ada komentar 273 views

 

 

 

 

 

 

 

OKU TIMUR – Dalam kegiatan Panen Raya yang dihadiri oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Sumsel Herman Deru, Bupati OKU Timur Lanosin meminta kepada agar Kementerian Pertanian dapat mengeluarkan kebijakan yang berpihak pada petani.

“Kami meminta kebijakan pemerintah pusat. Agar dapat berkoordinasi antara Bulog dan BUMN untuk menjaga harga jual dan penyerapan hasil pertanian OKU Timur.” Katanya dalam sambutan resmi dalam kegiatan di Desa Srikaton, Kecamatan Buay Madang Timur, OKU Timur, Sabtu  3 April 2021.

Sebab, kata Enos, ini berhubungan dengan target pertanian persawahan di Bumi Sebiduk Sehaluan untuk mencapai target panen sebanyak 1 juta ton pertahun. “Jangan sampai ketika panen malah harga gabah jatuh. Seperti sekarang yang banyak dikeluhkan oleh petani OKU Timur.” Katanya lagi.

Senada, Gubernur Sumsel dalam arahannya mengatakan hal yang sama, dirinya mengaku beberapa kali meminta Menteri Pertanian untuk menyerap hasil pertanian persawahan di Sumatera Selatan. Sebab Sumsel yang menempati urutan 5 besar provinsi dengan hasil persawahan terbanyak di Indonesia butuh perhatian pemerintah pusat untuk penyerapan produksi pertanian.

“Pernah saya panggil Bulog Sumsel, harus beli dari petani lokal. Buka semua gudang Bulog di daerah-daerah di Sumsel. Harganya harus standar HPP (Harga Peraturan Pemerintah). Makanya sekarang petani silakan jual hasil panen mereka ke Bulog.” Tegas Herman Deru.(triangga)