Faisal Habibur : Wisata Sungai dan Rencana Pembangunan Jembatan Baru

Faisal Habibur saat menyusuri Sungai Komering, melihat potensi wisata dan kebutuhan infrastruktur jembatan untuk kelancaran ekonomi masyarakat

OKU TIMUR – Kabupaten OKU Timur selain terkenal sebagai Kabupaten Lumbung Pangan Nasional ternyata memiliki potensi lain di bidang pariwisata alam.

Meski belum banyak yang tahu, Kabupaten OKU Timur sebenarnya memiliki spot wisata alami yakni wisata sungai. Wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai ketenangan dan keindahan. Banyak lokasi spot-spot foto yang bisa memanjakan pecinta foto.

“Sungai di sekitaran Desa Keromongan ini hampir menyerupai danau, airnya bersih dan jernih. Juga dikelilingi pepohonan membuat pemandangan asri,” ujar Faisal Habibur saat menyusuri sungai Komering dari Desa Tanjung Kemala hingga Desa Keromongan Martapura, Jumat sore 8 November.

Potensi wisata menyusuri sungai Komering ini kata Faisal Habibur sangat besar, namun ini harus didukung dengan manajemen pengelolaan yang betul-betul kreatif. Jika disediakan dermaga, ada pemandu wisata tentu ini akan menjadi destinasi wisata baru di OKU Timur.

Apalagi OKU Timur saat ini masih minim tempat wisata, tidak sebanding dengan jumlah masyarakatnya yang tersebar di 20 Kecamatan 300 desa lebih. Sungai Komering selama ini masih sebatas dimanfaatkan masyarakat untuk mencari penghasilan dengan menambang pasir atau menjala ikan.

“Wisata sungai ini memiliki potensi. Mengapa demikian, lokasinya dekat dengan akses jalan raya, dekat dengan keramaian. Tinggal dibutuhkan orang-orang kreatif yang bisa membuat ini menjadi bernilai,” kata Faisal sambil menunjukan ekspresi kekagumannya terhadap keindahan spot sungai Komering.

Di tengah perjalanan menyusuri sungai Komering pada Jumat sore itu, Faisal Habibur mengungkapkan wacananya untuk membangun jembatan baru, atau dalam istilah yang ia gunakan, jembatan Komering 2. Jembatan itu nantinya akan melancarkan transportasi serta meningkatkan nilai ekonomi kawasan yang masih belum terkelola di sekitar kawasan tersebut antara Desa Keromongan dan sekitarnya.

“Ini kita sambil lihat-lihat potensinya untuk pembangunan jembatan Komering 2. Selain sebagai infrastuktur penyeberangan juga menambah nilai ekonomi di kawasan sekitar.” kata dia.(Triangga)