Festival Patung Jerami OKU TIMUR Bakal Digelar

1796 views

OKU TIMUR – Dengan produksi diatas 1 juta ton gabah kering giling (GKG) setiap tahun di Kabupaten OKU Timur, ketersediaan jerami (batang padi) yang kerap dianggap limbah produksi pertanian kini diangkat ke level lanjut sehingga bermanfaat dan berdaya guna.

 

Berangkat dari visi itu, salah satu langkah yang akan dilaksanakan adalah menggelar Festival Patung Jerami OKU Timur. Festival ini diselenggarakan oleh seluruh wartawan yang ada di OKU Timur melalui PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) dan Ikatan Wartawan Online (IWO) OKU Timur.

 

Menurut Ketua Umum Festival Patung Jerami OKU Timur, Edward Ferdinant SH, sesuai namanya, Festival Jerami OKU Timur akan menggunakan jerami hasil panen padi petani sebagai bahan utamanya.

 

 

“Jika selama ini jerami hasil panen dibiarkan menggunung atau dibakar, melalui festival jerami nantinya, jerami-jerami tersebut akan disulap menjadi karya seni dalam berbagai bentuk dan ukuran,” ujarnya yang didampingi Ketua Pelaksana, Triangga.

 

Festival Patung Jerami dijadwalkan selama 1 pekan sejak 5 hingga 11 Agustus 2018 mendatang. Dengan peserta dari 325 desa di 20 kecamatan di Kabupaten OKU Timur. Selain itu terbuka untuk umum selain organisasi perangkat daerah (OPD), instansi terkait lainnya seperti Kepolisian, Kejaksaan, TNI, BUMN, BUMD serta pihak swasta dan organisasi yang ada di Bumi Sebiduk Sehaluan.

 

Bahkan, dalam satu lokasi juga dirangkai dengan berbagai kegiatan lain yang berkaitan dengan jerami. “Selain patung jerami nanti juga akan dilaksanakan lomba angkut jerami menggunakan motor trail, festival busana jerami, balap traktor dan masih banyak lagi kegiatan lainnya yang berkaitan dengan pertanian.

 

Harapan kita Festival Patung Jerami terbanyak yang dilaksanakan nantinya, merupakan yang terbanyak yang dilaksanakan di Indonesia,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi sangat menyambut baik dilaksanakannya Festival Patung Jerami. Menurut Bupati, melalui Festival Patung Jerami ini diharapkan menjadi destinasi wisata baru bagi Kabupaten OKU Timur dan provinsi Sumatera Selatan pada umumnya.

 

“Bagaimana caranya kita bisa mengundang wisatawan baik lokal maupun dari luar OKU Timur. Karena OKU Timur terkenal sebagai daerah berbasis pertanian, dilaksanakannya Festival Patung Jerami ini merupakan langkah yang sangat tepat. Selain memanfaatkan limbah jerami juga menjadi destinasi wisata bagi OKU Timur,” ujar Kholid.

 

Ditambahkan Bupati, pelaksanaan Festival Patung Jerami sekaligus mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 yang akan digelar pada 18 Agustus 2018. “Dengan demikian kita memiliki cara tersendiri untuk mendukung pelaksanaan Asian Games di Palembang dengan menghadirkan pertunjukan seni yang bernilai tinggi baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

 

Acara ini merupakan perwujudan kolaborasi kreatif pemerintah Kabupaten OKU Timur untuk memajukan sektor pariwisata sekaligus meningkatkan produksi panen petani demi terciptanya kedaulatan pangan nasional,” ungkapnya.(rilis panitia/triangga)