Gerda Wereng, Pestisida Gratis Untuk Petani Perangi Hama Wereng

219 views

OKU TIMUR – Pemerintah OKU TIMUR melalui Dinas Pertanian, bekerjasama dengan Brigade Proteksi Tanaman Pangan dan Laboratorium laksanakan Gerda (Gerakan Pengendalian) hama wereng. Dipastikan petani mendapatkan penyaluran pestisida gratis.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian OKU TIMUR, Tukiman SP mengatakan, Selasa pagi Gerda sudah dilaksanakan. Targetnya menyasar pada 715,75 hektar yang diserang.

“Dari total sebanyak itu, ada sebagian padi menguning yang ditanam April sebagian sudah aman bisa dipanen.” kata dia di hadapan wartawan saat konferensi pers di Aula Bina Praja 2, Kantor Bupati pada Selasa 16 Juli 2019.

Adapun mekanisme langkah-langkah yang bisa ditempuh oleh petani terkait persawahan mereka yang diserang adalah, pertama koordinasi melalui kelompok tani. Kemudian, kata Tukiman, akan ditindaklanjuti oleh penyuluh selaku pembina desa.

Selanjutnya Penyuluh Pertanian berkoordinasi dengan pihak brigade proteksi tanaman dan hortikultura. Baru nanti petugas pengamat hama cek lokasi apakah sudah ada ambang batas atau belum.

“Sampai hari ini pestisida tersedia cukup sekitar 2 ton di brigade yang merupakan program dari provinsi. Kalau di OKU TIMUR dinas pertanian tidak memiliki stok pestisida karena sempat ditolak dewan (DPRD OKU TIMUR-red).” Katanya seraya mengatakan memang ada kendala pada SDM di Dinas Pertanian yang masih kurang untuk pendampingan pada petani.(Triangga)