Istilah Pribumi Anies Baswedan Dituding Rasis

295 views

swarasumsel – Pidato perdana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuai kritik. Istilah “Pribumi” yang digunakan Anies Baswedan dituding mengarah kepada sentimen ras. Namun buru-buru disanggah oleh yang bersangkutan.

Anies berkilah jika istilah “pribumi” yang ia maksud mengacu pada era kolonial. Di banding kota-kota lain di indonesia, Jakarta menjadi kota yang paling terkena imbas dari penjajahan.

“Yang lihat Belanda dari dekat siapa? Jakarta,” kata Anies memberikan penjelasan. “Coba di pelosok-pelosok itu, tahu ada Belanda tetapi lihat depan mata? Eggak. Yang lihat di depan mata itu yang ada di Kota Jakarta.” katanya seperti yang dikutip dari situs tempo.

Pidato perdana Anies sebagai gubernur disampaikan di balai kota, Senin malam 16 Oktober silam di hadapan para pendukungnya. Pidato itu menyebut perjuangan kaum pribumi melawan kolonialisme.

Frasa “pribumi ditindas” yang kemudian oleh warganet dinilai bermuatan sentimen negatif kepada non-pribumi. Alasannya, istilah pribumi atau non-pribumi sudah dilarang digunakan berdasarkan Intruksi Presiden Nomor 26 Tahun 1998.(triangga)