Jaksa Masuk Sekolah, Agar Pelajar Melek Hukum Sejak Dini

Jaksa masuk sekolah (2)

OKU TIMUR – Bekerjasama dengan SMPN 1 Sumber Harjo, Kecamatan Buay Madang Timur, Kejaksaan Negeri OKU Timur gelar Penyuluhan dan Penerangan Hukum. Bertempat di halaman sekolah, kegiatan yang digelar pada Selasa pagi 25 Februari 2020 ini diberi judul ‘Jaksa Masuk Sekolah’, adalah upaya memberikan penyuluhan hukum kepada kalangan pelajar.

Antara lain sosialisasi yang disampaikan oleh Kajari OKU Timur adalah mengenai pentingnya pemahaman mengenai hukum agar terhindar dari masalah. Misalnya larangan mengenai penggunaan narkoba, praktek perundungan (bullying) dan tindakan lain yang bisa dianggap kenakalan biasa ternyata bisa membuat seseorang terjerat masalah hukum.

“Untuk itu kami hadir agar adek-adek dapat lebih melek tentang hukum. Kita dari Kejaksaaan Negeri OKU Timur siap bantu memberikan pemahaman lebih jauh tentang hal yang berkaitan dengan hukum.” kata Alwie SH saat menyampaikan sambutan.

Ditambahkan Kajari, bahwa di dalam masa pertumbuhan menuju usia dewasa, biasanya di masa remaja akan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Sehingga kadang hal itu bisa membahayakan keselamatan. Maka, seharusnya para pelajar dapat menjauhi hal-hal negatif seperti narkoba atau perilaku perundungan sesama siswa.

“Lebih baik melakukan kegiatan positif seperti olahraga dan pengajian serta jaga pelaku seperti tidak membuat keonaran dan keributan di sekolah atau di lingkungan masing.” kata Alwie SH.

jaksa masuk sekolah 2 (2)

Hadir dalam kegiatan itu antara dari Dinas Pendidikan OKU Timur yang diwakili oleh Kabid Kebudayaan Ridwan Spd MM, yang dalam sambutannya mengatakan peran dunia digital saat ini sangat besar pengaruh dalam perkembangan psikologi dan mental remaja. Ada banyak kesalah pahaman yang beredar karena informasi viral yang berkaitan dengan dunia pendidikan dan menyerempet masalah hukum, sehingga perlu ada penyuluhan seperti ini untuk menjadi panduan kepada dunia pendidikan di OKU Timur agar lebih berhati-hati.(Triangga)