Jembatan Desa Pulau Negara Mengot, Bahayakan Pelintas

532 views
Kondisi jembatan Desa Pulau Negara yang ‘meliuk-liuk’ menimbulkan kecemasan warga

OKU TIMUR – Jembatan roda dua di desa Pulau Negara, Kecamatan Buay Pemuka Peliung, OKU Timur, sepanjang kurang lebih 176 meter kian mengkhawatirkan masyarakat yang melintas. Pasalnya kondisi jembatan mengot (melengkung)

Di lapangan, jembatan yang selesai dibangun pada tahun tahun 2013 silam dengan menggunakan APBD sebesar Rp 1,1 Miliar ini dalam keadaan meliuk seperti ular. Hal itu terjadi karena beberapa tiang penyangga dalam keadaan bengkok. Ditambah lagi beberapa pagar besi lepas.

Hasan salah seorang warga Desa Pulau Negara menyebutkan, saat ini para petani sangat merasa was-was saat melintas di jembatan, dengan kondisi jembatan yang sudah tidak layak lagi dilintasi ditambah lagi kondisi debit air sungai Komering saat ini sangat tinggi hal itu mengkhawatirkan sekali jika sewaktu-waktu jembatan tersebut ambrol tidak kuat menahan beban tekanan air yang sangat deras.

“Kondisi jembatan ini sudah lama tidak layak lagi dilintasi, namun terpaksa kami nekat sebab tidak ada lagi akses lain yang dekat untuk menyebrang sungai,” ujarnya.

Dirinya khawatir jika jembatan tersebut tidak kunjung diperbaiki maka sewaktu-waktu akan roboh, dan fatal nya lagi jembatan tersebut sudah seperti mengintai maut yang akan memakan korban jiwa. Sebab jembatan khusus roda dua ini salah satu akses lalu lalang warga untuk ke kebun dan mengangkut hasil panen. Apalagi saya ini masuk musim panen padi setiap hari warga lalu lalang melintas.

“Kita minta Pemerintah terkait segera bertindak, jangan sampai memakan korban dulu atau ambrol dulu baru ada perhatian,” ketusnya.(Triangga)