Keamanan Adalah Tanggung Jawab Bersama

1072 views

[swarasumsel] OKU TIMUR – Kegiatan Siskamling adalah cara yang paling efektif dalam menjaga keamanan di lingkungan. Sebab lalu lintas di sekitar lingkungan desa akan jadi lebih terpantau oleh masyarakat setempat. Demikian dikatakan oleh Kapolres Ogan Komering Ulu Timur (OKU TIMUR) AKBP Irsan Sinuhaji SIK, MH.

 

“Sebagai langkah pencegahan terhadap aksi kejahatan mari hidupkan kembali Siskamling di lingkungan kita masing-masing,” katanya dalam paparan di kegiatan Sosialisasi Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial Kalangan Masyarakat, Rabu 22 November di Gedung Graha Tani, Desa Sungai Tuha, Kota Martapura.

 

Kenapa efektif, sambungnya, sebab sirkulasi keluar-masuk orang di dalam kampung jadi lebih terpantau. Ini juga sebagai bentuk upaya untuk menjadi ‘Polisi’ bagi diri sendiri, dengan meningkatkan kewaspadaan di lingkungan terdekat. “Sebab masalah keamanan adalah tanggung jawab kita bersama.”

 

Selain itu Kapolres mengimbau beberapa poin lain, jangan gampang terprovokasi atau main hakim sendiri, jangan lindungi pelaku kejahatan, miliki kendaraan dengan dokumen resmi.(triangga)