Kenaikan Harga Sembako Relatif Stabil

247 views

OKU TIMUR – Bupati OKU TIMUR Kholid MD bersama Kapolres dan unsur Muspida lainnya melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di kawasan pasar Martapura, guna memastikan ketersediaan stok dan staibilitas harga pangan menjelang bulan ramadhan 1440H/2019 yang tinggal menghitung hari.

Kholid mengatakan trennya memang harga-harga sembako pada awal puasa akan naik, kemudian turun, dan akan naik menjelang Lebaran tetapi kenaikan harga masih wajar.

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga di antaranya bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai merah rawit, dan cabai rawit hijau. Kenaikannya mencapai 30 persen dari harga sebelumnya.

Untuk di OKU Timur, stok dan harga pangan masih relatif stabil meskipun ada kenaikan yang agak signifikan pada Bawang merah dan bawang putih. “Banyak faktor yang menyebabkan kenaikan harga bawang salah satunya musim yang tidak stabil, sehingga bawang menjadi gagal panen, sedangkan pada bulan puasa permintaan meningkat,”jelasnya.

Sementara itu Kapolres OKU AKBP Erlin Tangjaya SH S.I.K menambahkan meskipun saat ini belum ditemukan adanya indikasi penimbunan pangan di OKU Timur, namun Polres OKU Bersama Pemkab OKU telah membentuk tim terpadu pengendali pangan.

Tujuannya, untuk mengantisipasi terjadinya penimbunan stok pangan. Setiap hari, lanjutnya, Tim Intel berkoordinasi dengan Tim terpadu untuk setiap hari mengecek ke lapangan.

“apabila terjadi dan ditemukan adanya penimbunan maka akan kita tindak secara hukum,” pungkasnya.(triangga)