KESADARAN POLITIK ITU HARUS

409 views

OKU TIMUR – Sebagai warga negara, dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum, kesadaran politik harus dimiliki oleh masyarakat. Peran masyarakat dibutuhkan agar pesta Demokrasi berjalan tanpa meninggalkan masalah.

 

“Kesadaran politik masyarakat untuk membantu tugas pengawasan Pemilu dapat meningkat. Sehingga Pemilu dapat berjalan lancar, aman, damai dan tanpa meninggalkan residu.” ungkap Novri Hasan selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Martapura dalam pembukaan kegiatan sosialisasi Sabtu 5 Mei.

 

Kegiatan yang diikuti oleh 70 peserta ini berupa sosialisasi pengawasan partisipatif terkait Pilgub Sumsel 2018 yang berlangsung pada Juni mendatang. Dengan harapan menambahkan pengetahuan tentang pentingnya Demokrasi, Pemilu dan Pengawasan Pemilu di tengah masyarakat.

 

Dari Panwaslu OKU Timur, Beni Tenagus menambahkan masyarakat secara luas dapat berpartisipasi aktif dalam pengawasan pemilu. tentunya harus diperkaya dengan wawasan mengenai aturan resmi dalam pelaksanaan Pemilu.

 

“Apabila di dalam proses berjalan ditemukan adanya pelanggaran, masyarakat wajib melaporkannya. Dimulai dari Panwaslu desa/kelurahan, kemudian tingkat kecamatan lalu akan diteruskan dan ditindaklanjuti ditingkat kabupaten,” paparnya yang turut diaminkan oleh Camat Martapura H, Faisal. (rizal arisandi)