Kholid Mawardi Panen Padi Bersama Warga Desa Sukaraja

OKU TIMUR – Memasuki masa panen padi kedua, Bupati OKU Timur Kholid Mawardi S.Sos M.Si bersama seluruh OPD melakukan panen bersama di desa Sukaraja Kabupaten OKU Timur,Selasa 6 Agustus.

Kholid mengatakan ada dua jenis padi yang dipanen yaitu beras merah dari Wonogiri dan Sukamandi, “Sukamandi berasnya tidak terlalu merah namun pulen berbeda dengan bibit dari Wonogiri berasnya merah sampe ke dalam namun tidak pulen.” kata dia.

“Di OKU Timur sendiri sudah memasuki masa panen kedua, namun ada juga yang sudah memasuki masa tanam, sedangkan untuk memutus mata rantai hama wereng yang sempet menghantui petani.

Maka setelah masa panen padi,petani dianjurkan untuk melakukan tanam palawija karena dengan tanaman palawija tanah menjadi kering sehingga kecil kemungkinan wereng akan menyerang,”ujarnya.

Dari luas lahan yang ada hanya 1,5 persen yang terserang hama wereng. Sebenarnya sawah tadah hujan bisa tanam dua kali.

“Tentunya harus dengan teknis yang benar, agar hasil panen lebih bagus. Tapi yang menjadi masalah saat ini budaya gotong royong membasmi hama tikus sudah hilang,” tegasnya.

“Ditambahkan Tukiman Kepala Bidang Pertanian tetap optimis Dengan kondisi cuaca kemarau bahwa hasil akan tetap maksimal pasalnya kita bekerja sama dengan bendungan irigasi.”Kita tetap berharap di musim terang ini panen padi bisa mencapai rata rata 6 ton per hektar,” pungkasnya.(Triangga/adv)