Kikis Plagiarisme, UTS Dilarang Bawa HP

316 views

Ilustrasi

OKI – Demi membiasakan mahasiswa untuk percaya diri atas kemampuan diri, serta mengikis plagiarisme di kalangan mahasiswa, plagiarisme adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri.

Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Untuk mengikis kebiasaan tersebut, perguruan tinggi membuat aturan melarang mahasiswanya membawa Hand Phone saat pelaksanaan Ujian Tengah Semester(UTS).

Hal tersebut salah satunya digiatkan oleh Kampus terletak di Sumatera Selatan yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam AS-Shiddiqiyah OKI, bahwa sejak tahun 2015 lalu telah memberlakukan aturan kepada mahasiswanya yang sedang mengikuti ujian untuk tak membawa Hand Phone (HP) dalam ruangan ujian.

“Dalam rangka mengikis plagiarisme pada mahasiswa, aturan ini telah berlaku sejak tahun 2015 sudah diterapkan. Ini sudah menjadi aturan wajib setiap pelaksanaan ujian,” kata salah satu Pengawas UTS Bambang Surya Ningrat SE, M.Si, kepada wartawan Swara Sumsel.com, Kamis 8 Oktober.

Kata Bambang, bahwa untuk pelaksanaan UTS semester gazal diikuti lebih dari 500 mahasiswa berasal dari empat program studi yaitu Hukum Ekonomi, Syariah, Manajemen Pendidikan Islam, Dan Pendididkan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

 

“Sesuai jadwal yang ada, seluruh mahasiswa kita akan mengikuti UTS dimulai senin (5/11) hingga Kamis besok,” pungkasnya(pen)