KPU OKU TIMUR Siapkan 1 TPS di Lapas Martapura

Tidak ada komentar 166 views

OKU TIMUR – KPU OKU Timur menyiapkan 1 TPS khusus di lembaga pemasyarakatan (Lapas) Martapura Kelas IIB kabupaten OKU Timur.130 orang warga binaan lapas IIB Martapura yang akan diajukan di DPS Pemutakhiran yang berdomisi dikabupaten OKU Timur.

Ketua KPU OKU Timur Herman jaya melalui Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Sulistiani mengatakan 130 orang warga binaan lapas yang akan diajukan di DPS Pemutakhiran yang sebelumnya sebanyak 190 penghuni Lapas Martapura Kelas II B telah terdata di Daftar Pemilih Sementara (DPS) OKU Timur.

Namun karena ada remisi dan ada tahanan yang bebas, jumlahnya menjadi berkurang,”Hari ini sudah dikonfirmasi, yang bebas ada 60 orang. Jadi total 130 orang, yang akan diajukan di DPS Pemutakhiran,” ujarnya

Ia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lapas tersebut,Hal itu untuk mengakomodir hak pilih para warga binaan Lapas untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur periode 2021 – 2026 di Pilkada 2020 ini.

Mereka bisa tetap memilih meskipun warga binaan, asalkan tidak dalam keadaan kehilangan hak pilihnya.

“Kita terus koordinasi dengan pihak Lapas untuk hal ini. Dan juga petugas KPPS memantau di setiap kecamatan, jika ada warganya yang menjadi warga binaan di Lapas,” terangnya.(Rizal)