KPU OKUT : 9 Berkas Parpol Sudah Penuhi Syarat

296 views

swarasumsel OKUT – Jika merujuk pada Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, pendaftaran dan penyerahan syarat pendaftaran partai politik (Parpol) akan berakhir pada 16 Oktober 2017, hingga pukul 00.00 WIB.
Namun berdasarkan surat edaran terbaru KPU Pusat nomor 585/PL.01.1-SD/03/KPU/X/2017, batas akhir pendaftaran tersebut akan diperpanjang selama 1 x 24 jam.
Hal itu diungkapkan langsung Ketua KPUD OKU Timur, H Leo Budi Rachmadi ketika dikonfirmasi, Senin 16 Oktober 2017 sekitar pukul 23.00 WIB. Menurutnya surat edaran tersebut baru diterimanya sesaat sebelum waktu batas akhir yang sebelumnya ditetapkan habis.
“Malam ini kita mendapat surat edaran terbaru KPU Pusat terkait perpanjangan waktu batas akhir pendaftaran. Sesuai instruksi pada surat edaran tersebut, waktu pendaftaran akan diperpanjang selama 1 x 24,” terangnya.
Berdasarkan hasil pendataan KPUD OKUT, lanjut Leo, diketahui hingga saat ini tercatat sebanyak 15 partai politik telah menyerahkan berkas pendaftaran. Dari jumlah tersebut, sembilan berkas partai politik diantaranya dinyatakan sudah memenuhi kelengkapan dokumen.
“Sembilan partai yang berkasnya sudah diterima dan dinyatakan memenuhi persyaratan antara lain, PPP, PKS, Golkar, Partai Berkarya, PAN, Perindo, Nasdem, PDI Perjuangan, dan PSI. Sedangkan berkas enam partai lainnya masih dalam proses perbaikan,” imbuhnya.