Lalai, Genset Senilai Ratusan Juta Milik Dishub OKU Timur Terbakar

OKU TIMUR – Diduga karena lalai, satu unit mesin genset kapasitas besar milik Dinas Perhubungan OKU Timur terbakar. Ini terjadi pada Rabu siang, 30 Oktober 2019.

Di lokasi, Jalan Merdeka, Terukis Rahayu, Martapura, staff Dishub mengaku tidak mengetahui persis penyebab kebakaran itu.Sekretaris Dishub Adi Sungkono mengatakan jika saat kejadian dirinya berada di ruangan.

“Aku lagi di dalam ruangan, tahu-tahu ada yang teriak ngomong kebakaran, asap muncul dari ruangan genset.” Katanya yang dibincangi selang satu jam dari kejadian.

Kejadian itu sangat cepat, kata Adi Sungkono, karena di dalam genset ada bahan bakar sehingga api cemat melumat genset berdimensi 2×1 meter itu.

“Kami sibuk nyirami api. Takut menyambar ke bagian lain gedung PKB (Pengujian Kendaraan Bermotor), dak lamo blangwir datang. Untung cepat dipadamkan.” Kata dia.

Untuk penyebabnya Adi Sungkono mengaku tidak tahu. Tapi Kris, seorang staff yang mendampinginya mengatakan jika sebelumnya genset dinyalakan. Ada teknisi yang datang melakukan perbaikan.

“Ada teknisi tadi yang datang untuk perawatan Genset itu. Posisinya menyala. Setelah dinyalakan itu, kami tidak tahu lagi mendadak sudah terjadi kebakaran.” Katanya.

Ditanya asal dari teknisi itu, Adi Sungkono mengaku tidak tahu darimana teknisi itu berasal. Staff yang lain juga mengatakan tidak tahu asal teknisi yang dimaksud.

Akibat kebakaran itu, 1 unit genset besar, 1 unit PC dan beberapa buah kursi ikut terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp 350 juta. Di lapangan tampak petugas dari PLN sedang merapikan kabel sisa kebakaran.(Triangga)