Lem Kimia (Selain Narkoba) Juga Cemaskan Warga

415 views

 

[swarasumsel] OKU TIMUR – Selain bahaya narkoba, lem kimia jenis Aibon turut menyumbang kecemasan bagi masyarakat. Demikian terungkap dalam satu temu wicara antara BNK, Polres OKU Timur dan masyarakat.

 

“Kami mencemaskan penggunaan lem aibon di kalangan anak-anak (tingkat SD – SMP) di lingkungan kami di Desa Tanjung Kemala,” ungkap seorang peserta kegiatan pada Kasatnarkoba AKP Firniyanto,SH saat sesi tanya jawab usai penyuluhan Bahaya Narkoba.

 

Menanggapipertanyaan tersebut, AKP Firniyanto mengatakan bahwa pelaku penyalahgunaan lem tersebut dapat direhabilitasi. BNK dalam hal ini diminta untuk menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut.

 

Menghadirkansejumlah kalangan dari Komunitas Anti Narkoba (KAN) desa dari 20 Kecamatan, kegiatan dilaksanakan di Aula Serbaguna Rumah Makan Siang Malam pada Kamis 21 Desember, Cidawang, Martapura kegiatan diisi penyuluhan seputar terhadap bahaya Narkoba dari sisi hukum dan medis.

 

Dari bidang kesehatan panitia dari BNK OKU Timur pimpinan Ir. M Husin mengundang dr. Eka Meiliastini dari Puskesmas Desa Kotabaru.

 

“Inhalan atau lem aibon mengandung zat aditif yang menimbulkan kecanduan atau ketergantungan. Sama seperti obat batuk yang dioplos minuman berenergi,” kata dr Eka dalam paparannya.

 

Kepala BNK OKU Timur menanggapi baik pecandu narkoba atau zat adiktif, Program BNK untuk melaksanakan rehabilitasi. “Kalau ada keluarga, pemuda dan anggota masyarakat yang ingin direhab, silakan didaftar. Bebas biaya dan ditanggung oleh negara,” tutup Ir, M Husin.(triangga)