Lomba B2SA PKK OKU Timur Wujudkan Pangan Berkualitas Melalui Kemandirian Lokal

OKU TIMUR – Dalam rangka memperingati Hari Kartini ke 140 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) bersama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) OKU Timur mengelar lomba Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).

Kegiatan ini mengusung tema ‘’Dengan Semangat Kartini dan Hari Kesatuan Gerak PKK Kita Tingkatkan Peran Organisasi Wanita Dalam Mewujudkan Kesehatan Dan Perekonomian Keluarga di Bumi Sebiduk Sehaluan’. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Rakyat Pemkab OKU Timur, Kamis (2/5/2019).

Bupati OKU Timur HM Kholid MD dalam sambutannya mengatakan, penganekaragaman pangan dan konsumsi pangan merupakan salah satu upaya yang terus dilakukan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul yaitu melalui perbaikan pola konsumsi pangan masyarakat agar menjadi lebih beragam, baik untuk jenis pangan yang bersumber dari karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

“Konsumsi pangan berkualitas juga dapat diwujudkan apabila pola konsumsi makanan sehari-hari dilakukan secara tepat, mengandung zat gizi lengkap sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan jumlah yang berimbang antar kelompok pangan. Sehingga konsumsi pangan yang berkualitas diharapkan dapat mengatasi permasalahan gizi ganda yaitu kekurangan dan kelebihan gizi,” katanya.

Melalui lomba ini diharapkan, lanjut kata dia, dapat memanfaatkan kemandirian pangan lokal dan pelestarian sumber daya alam dengan memanfaatkan hasil potensi alam daerah, misalnya jagung, singkong, ubi jalar, pisang, sukun dan lain-lain yang tersebar di seluruh kecamatan.

“Kami harap tim Penggerak PKK kabupaten, kecamatan dan desa serta organisasi-organisasi wanita yang ada dapat menyosialisasikan betapa pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman yang mengutamakan sumber daya pangan lokal kepada seluruh masyarakat, khususnya ibu rumah tangga. Serta untuk memotivasi masyarakat agar mau mengkonsumsi makanan sesuai Pola Pangan Harapan (PPH),” harapnya.

Tak lupa dirinya juga mengimbau para camat dan seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkab OKU Timur dan pihak-pihak yang terkait dengan pengelolaan pangan agar senantiasa melakukan upaya maksimal untuk dapat menjamin kemantapan ketahanan pangan, khususnya di Kabupaten OKU Timur, baik yang berkaitan dengan produksi, ketersediaan, distribusi dan keamanan pangan terutama dalam menyikapi perkembangan terkini di tingkat lokal, nasional maupun global.

“Pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi yang potensinya cukup besar dan perlu terus digalakkan dan dioptimalkan. Sehingga konsumsi pangan yang berkualitas diharapkan dapat mengatasi permasalahan gizi ganda yaitu kekurangan dan kelebihan gizi,” pungkasnya.

Ditambahkan Ketua Tim Penggerak PKK OKU Timur Hj Rusmiyati Kholid didampingi Ketua GOW OKU Timur yang juga Ketua Pelaksana Kegiatan, Lilik Setio Rini Fery mengatakan, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam menyambut dan memeriahkan peringatan ini meliputi anjangsana ke rumah sakit, anjangsana ke panti asuhan, sunatan masal, B2SA, Pameran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan pasar tani.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mambantu meningkatkan kesehatan dan perekonomian keluarga demi kesejahteraan masyarakat serta membantu keberhasilan pembangunan di Kabupaten OKU Timur.

“SeIain itu juga dengan acara ini senantiasa mengingatkan seluruh rakyat Indonesia khususnya masyarakat OKU TIMUR serta para generasi muda penerus bangsa, tentang makna Hari Kartini sebagai hari kebangkitan, persatuan dan perjuangan kaum perempuan, sehingga dengan diperingatinya Hari Kartini pada setiap tahun, akan mewariskan semangat juang terutama bagi perempuan generasi muda untuk semakin mempertebal tekad dalam melanjutkan perjuangan nasional menuju terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur,” katanya. (Triangga)