Lomba Masak Ikan Untuk Menggalakkan GEMARIKAN

236 views

image

OKU TIMUR – Untuk menggalakkan konsumsi ikan di masyarakat, pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur gelar lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Kamis 25 Oktober. Diselenggarakan di pelataran Dinas Perikanan dan Peternakan, Kompleks Pemkab OKU TIMUR, Desa Kotabaru Selatan, Kota Martapura, kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati OKU TIMUR Kholid Mawardi, S.Sos, MSi

“Ikan adalah bahan pangan kaya gizi yang sangat bermanfaat dalam mendukung terwujudnya kesehatan dan kecerdasan, untuk mendorong masyarakat untuk menggemari makan ikan kita perlu kegiatan lomba memasak serba ikan tingkat kabupaten serta mendukung program nasional gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN).

Sementara itu, lomba masak serba ikan ini diikuti oleh 20 kecamatan yang masakannya bervariasi. Kriteria lomba ini antara lain ditentukan oleh kreatifitas dan inovasi resep, penyajian, cita rasa dan tingkat kebersihan (higienitas).

Di akhir acara, dengan nilai 475 tim penggerak PKK Kecamatan Madang Suku 3 pada posisi pertama. Juara ke- 2, dengan nilai 450 dirah tim penggerak PKK Kecamatan Semendawai Suku 3 dan untuk juara ke-3 dengan nilai 425 diperoleh tim penggerak PKK kecamatan Semendawai Barat.

“Lomba memasak ikan ini menu utama nya ikan bandeng dan ternyata Dari 20 kecamatan ini berbagai jenis ikan dapat dikelola sedemikian rupa seperti ikan patin, ikan gabus, ikan mujahir dan berbagai macam jenis ikan lainnya dapat dikelola dengan baik dan enak,” ujar Sujarwanto, SP, MM selaku kepala dinas.

Lomba ini bertujuan untuk meningkat kan kegemaran masyarakat terhadap ikan, dari lomba ini kita dapat melihat masyarakat sudah mampu membuka rumah makan dengan menu serba ikan dan meningkat kan kegemaran masyarakat memelihara ikan dan berbisnis ikan, tambahnya. 

Pemenang dari lomba ini akan mewakili OKU Timur ke tingkat provinsi. Sosialisasi gemar Ikan juga dimeriahkan dengan membagikan 150 paket susu dan olahan ikan, nugget sosis ke sekolah dan PAUD. “Peserta lomba masak serba ikan ini 20 tim TP PKK kecamatan se OKU Timur,” jelasnya.(Rizal Arisandi)