Lomba Masakan Serba Ikan Dinas Perikanan Peternakan OKU TIMUR

308 views

OKU TIMUR – Sebanyak 20 Kecamatan Di OKU Timur yang bergerak di bidang Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) mengikuti lomba masak serba ikan yang dilaksanakan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Timur, Selasa (17/09/2019).

Dengan mengangkat tema ‘Beragam menu masakan ikan, untuk menyehatkan masyarakat, mencegah stunting dan mencerdaskan anak.’

Bupati OKU Timur Kholid Mawardi yang diwakili Sekda Kabupaten OKU Timur Jumadi mengatakan, Kita ketahui bersama bahwa ketahanan pangan dan gizi masih menjadi isu penting di samping ketahanan ekonomi dan energi.

Sebagai institusi pemerintah, kementerian kelautan dan perikanan terlibat aktif menangani masalah pangan yang bersumber dari produk-produk kelautan dan perikanan serta mendukung terwujudnya ketahanan pangan dan gizi nasional melalui bahan pangan yang berasal dari ikan untuk menghindari kurang baiknya status kesehatan masyarakat–yang ditandai antara lain dengan bayi lahir pendek (STUNTING), bayi kurus (WASTING) dan kasus obesitas atau kelebihan berat badan.” kata Sekda.

Tubagus dalam sambutannya mengatakan merupakan upaya untuk mendukung pemanfaatan sumber daya ikan, memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan, menyebarluaskan informasi tentang ikan dan kandungan gizi produk olahan perikanan.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyatu-padukan gerak dan langkah semua unsur terkait guna menyukseskan program gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) secara nasional baik dari tingkat pusat, provinsi sampai kabupaten yang telah dicanangkan secara resmi oleh presiden republik indonesia sejak tahun 2004.” tambahnya.

Terpisah ketua PKK yang diwakilkan oleh wakil ketua PKK Lilik Setyo Rini dengan dilaksanakannya lomba masak menu serba ikan tingkat kabuapten OKU Timur yang merupakan bentuk kerja sama dinas perikanan dan peternakan kabupaten oku timur dan tim pengggerak PKK kabupaten oku timur, kami harapkan dapat mendorong pemerataan dan peningkatan konsumsi ikan untuk mewujudkan ketahanan pangan berbasis produk perikanan.

Harapan kami, dari digelarnya lomba masak serba ikan ini, akan mampu memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dan ibu-ibu dapat lebih pandai lagi mengolah ikan sebagai menu dalam keluarga dengan bermacam olahan.” tandas Lilik Setyo Rini.(Triangga)