Luas Tanam Sawah Bertambah

552 views

‎[swarasumsel] OKU TIMUR – Memasuki penghujung tahun, luas sawah di Kabupaten OKU Timur bertambah. Angka ini diperoleh dari perbandingan dengan tahun lalu.

 

Kepala Dinas Pertanian Ruzuan Efendi saat dibincangi Kamis pagi merinci, di tahun 2016 total luas tanam sawah ada sebanyak 172.674 hektar dengan hasil produksi 1.080745 ton. Sedangkan tahun ini sudah mencapai 192.353 hektar.

 

“Untuk produksi 2017 ini hasilnya belum bisa dihitung, kemungkinan tidak jauh dengan tahun lalu, tergantung cuaca kalau untuk peningkatan produksi,” kata dia pada wartawan.

 

Sejumlah langkah ditempuh oleh Dinas yang ia pimpin, “Langkah untuk meningkatkan produksi dengan melakukan  pemupukan berimbang, memaksimalkan petugas kita dan mengamati perkembangan di lapangan, sehingga jika ada kendala petugas langsung bisa mengetahui dan segera dilakukan tindakan,” imbuhnya.

 

Selain pelatihan oleh penyuluh di lapangan, produksi gabah juga didongkrak lewat program memaksimalkan lahan-lahan yang ada. Lahan-lahan yang berpotensi digarap dengan maksimal sehingga bisa bermanfaat. Petani dianjurkan menggunakan bibit unggul.

 

Sejauh ini pemerintah OKU TIMUR sudah melaksanakan investigasi desain seluas 2000 hektar, yang dititikberatkan pada  lahan di pesisir Sungai Komering, untuk cetak sawah. Namun tentu saja akan menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran.

 

Sebagai informasi sawah Irgasi teknis di Bumi Sebiduk Sehaluan mencapai seluas 43 ribu hektar. Membentang dari Kecamatan BP Bangsa Raja hingga Kecamatan  Semendawai Timur.  Sedangkan luas lahan non irigasi berupa sawah  tadah hujan seluas 25 ribu hektar.

 

Adapula areal lebak seluas 15 ribu hektar yang sudah dimanfaatkan oleh petani,” terang Ruzuan.(triangga)