Mensos Khofifah Akan Sambangi Korban Longsor OKUS

610 views

swarasumsel OKUS – Bencana Longsor di kawasan Desa Pulau Kemuning Kecamatan Sungai Are Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) yang menelan korban 6 jiwa mendapat perhatian dari Menteri Sosial Khofidah Indarparawansa. Dijadwalkan Senin 13 November ini, Mensos akan menyambangi lokasi kejadian yang terjadi di dua tempat terpisah.

 

“Ya, Ibu Mensos bersama tim akan memberikan bantuan dan menjenguk korban longsor di OKUS,” ujar Plt Kepala Dinas Sosial Pemprov Sumsel, Belman Karmuda kepada wartawan seperti yang dikutip dari media detiksumsel.

 

Terkait bantuan, kata Belman, bantuan yang akan diberikan nantinya yakni uang Rp5 juta untuk setiap korban longsor. “Bantuan ini dari Provinsi Sumsel dan Kemensos, dengan harapan bantuan ini bisa sedikit meringankan beban korban longsor,” tandasnya.

 

Sementara itu duka menyelimuti keluarga yang menjadi korban longsor pada Kamis pekan lalu itu. Tingginya intensitas hujan menjadi penyebab bencana alam ini terjadi. Kepada wartawan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKUS Donni Agusta mengatakan, jiwa korban jiwa berasal dari dua desa yakni Cukohnau dan Desa Sadau Jaya di Kecamatan Sungai Are.

 

Hujan pada Kamis yang terjadi sejak pukul 14.00 WIB menyebabkan tanah longsor menimbun rumah Satam (62) warga Desa Cokohnau Kecamatan Sungai Are hingga meninggal dunia. “Sedangkan istri korban Satam (55) serta menantunya Sukardi (28) mengalami luka ringan karena saat terjadi longsor berada di dalam rumah,” katanya seperti yang dikutip dari republika.

 

Tak hanya di sana, bencana longsor susulan terjadi sekitar pukul 20.00 WIB di Desa Sadau Jaya. Longsor menimbun satu rumah warga yang dihuni tujuh orang. Lima di antaranya meninggal dunia atas nama Riswandi (40) beserta istrinya Susmita (34) serta ketiga anaknya Angga (7), Rifki (4) dan Alex (9). “Sedangkan dua anak korban lainnya yaitu Iprianto (20) dan Juwita (12) mengalami luka ringan hingga menjalani perawatan di puskesmas terdekat ,” jelasnya.(triangga)