Mulai Verifikasi Faktual Calon Perseorangan

Tidak ada komentar 224 views

Bimtek PPS di Kecamatan Belitang Mulya untuk persiapan Verifikasi Faktual Bakal Calon Perseorangan Pilkada OKU Timur pada 9 Desember mendatang

 

OKU TIMUR– Sebanyak 490 orang akan diverifikasi faktual di Kecamatan Belitang Mulya. Mereka adalah warga Kecamatan Belitang Mulya yang memberikan dukungan pada pasangan Ruslan – Herly yang merupakan bakal calon perseorangan untuk Pilkada OKU Timur Desember mendatang. Rangkaian kegiatan sudah disusun Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat.

Ketua PPK Belitang Mulya, Apen Saputra mengatakan, pihaknya memastikan bahwa seluruh petugas PPS dilengkapi dengan APD serta mematuhi standar protokol Covid- 19 dalam menjalankan tugas verifikasi faktual. Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung selama 14 hari ini (28 Juni sampai 12 Juli) akan mematuhi anjuran pemerintah terkait pencegahan wabah Covid-19.

“Seluruh penyelenggara pemilihan serentak dalam menjalankan tugas harus mematuhi standar protokol pencegahan Covid-19, sesuai instruksi dan aturan dari KPU Kabupaten OKU Timur,” ujarnya saat dibincangi wartawan 25 Juni 2020.

Ada beberapa teknis di lapangan yang harus dilakukan oleh petugas verifikasi, kata Apen Saputra. Jadi petugas harus datang langsung ke rumah warga yang memberikan dukungan kepada calon perseorangan, apakah cocok atau tidak nama, alamat, NIK e-KTP dengan dokumen yang asli.

“Apabila dokumen kependudukanya yang dipegang petugas verifikasi faktual tidak sesuai dokumen yang asli dan masyarakat yang akan dilakukan verifikasi sudah meninggal maka itu dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS),” terangnya.

Kemudian jika data kependudukan sama dan tidak ada perbedaan kemudian masyarakat yang akan dilakukan verifikasi menyatakan dukungan kepada calon perseorangan, maka itu dinyatakan Memenuhi Syarat (MS), dirinya berharap verifikasi faktual calon perseorangan ini dapat berjalan lancar dan tidak ada hambatan.

“Kami berharap dengan seluruh petugas yang akan melakukan verifikasi faktual dapat bekerja sesuai dengan aturan, agar berjalan lancar dan tidak ada hambatan. Namun pihaknya juga akan melakukan kerjasama dengan pihak pengawas di tingkat desa dalam melakukan verifikasi faktual ini,” jelasnya.(Firman)