OKU Timur Butuhkan 900 ribu Dosis Vaksin Covid-19

Tidak ada komentar 109 views

M Ya’kub (kiri) selaku jubir Gugus Tugas Covid-19 OKU Timur.

OKU TIMUR – Berdasarkan kebutuhan, Gugus Tugas Covid-19 OKU Timur menghitung angka kebutuhan vaksin bagi warga Kabupaten OKU Timur mencapai 900 ribu dosis. Itu dihitung untuk memenuhi kebutuhan masing-masing orang yang akan divaksin sebanyak 2 kali.

M Ya’kub selaku juru bicara Gugas Covid-19 OKU Timur mengatakan rinciannya, vaksin Covid-19 akan menyasar kepada 457,987 jiwa. “Itu perkiraan penduduk dengan rentang usia dari 18 sampai 59 tahun.” Kata dia yang dibincangi belum lama ini di ruang kerja.

Kemudian angka penduduk itu akan dikali dengan 2 berdasarkan kebutuhan vaksin yang akan diterima masing-masing orang yakni sebanyak 2 dosis. “Dua dosis itu akan dilaksanakan dua tahap penyuntikan dengan selisih 14 hari berdasarkan aturan dari WHO (lembaga kesehatan dunia)” Katanya lebih lanjut.

Diperkirakan, kata Ya’kub lagi, vaksin untuk di OKU Timur akan mulai turun dari Provinsi antara Februari hingga April. “Kita masih menunggu petunjuk dari Dinkes Provinsi Sumsel.” Kata dia lagi.

Sementara itu secara prioritas, vaksin akan menyasar kepada Nakes dan Pejabat Publik terlebih dahulu. Untuk jumlah Nakes di OKU Timur mencapai sebanyak 4021 orang. Dengan total kebutuhan vaksin mencapai 8042 dosis.

Sementara itu angka kasus positif Covid-19 di OKU Timur mencapai angka 299 positif. Catatan dari Gugas Covid-19 OKU Timur, kecamatan paling banyak warga yang terkena Covid-19 berasal dari kecamatan Martapura dengan rangkuman kasus sebanyak 84 kasus.

Oleh karena itu M Ya’kub tak henti-hentinya meminta kepatuhan masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan. “Tetap pakai masker dan hindari kerumunan. Sayangi diri dan keluarga kita” pungkasnya.(Triangga)