OKU Timur Mulai Ekspor Ikan Patin

Tidak ada komentar 59 views

OKU TIMUR – Kabupaten OKU Timur siap menjadi sentra ikan patin di Sumatera Selatan (Sumsel). Proses pengembangan nantinya akan difokuskan di sekitar jalur Komering yang dulu sempat menjadi sentra penghasil ikan di provinsi ini.

“Sekarang kita sudah mulai mengirim ikan patin ke Pulau Jawa,” kata Bupati OKU Timur, HM Kholid, S.Sos, M.Si saat menghadiri tasyakuran dan uji coba peralatan excavator serta mobil thermo king Koperasi Sinar Baru Minastari di Desa Tambak Boyo, Kecamatan Buay Madang Timur , Selasa 26 November 2019.

Selain menghadiri kegiatan tasyakuran juga dilakukan pengiriman perdana daging ikan patin atau fillet sebanyak lima ton ke Purwakarta. Dia juga menyempatkan diri melihat proses fillet dan pengemasan ikan patin dan mencicipi produk olahan dari ikan patin yang diproduksi oleh PT Central Pertiwi Bahari di Tulang Bawang, tempat ikan-ikan patin OKU Timur diolah untuk di ekspor.

Selain itu, Bupati OKU Timur juga mencoba ekskavator yang merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. “Kita akan terus kembangkan sektor perikanan terutama ikan patin, mesti terus berinovasi membuat produk olahan ikan patin agar ikan patin kita dapat dilirik oleh pasar nasional,” katanya.

Ia mengimbau kepada para penyuluh untuk lebih aktif lagi memberi penyuluhan kepada petani ikan agar bobot ikan dapat mencapai 1 kilogram.(Triangga)