OKU TIMUR Panen Raya Beras Organik

495 views

OKU TIMUR – Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU TIMUR) Kamis pagi 15 Maret melaksanakan Panen Raya. Seluas 6,5 hektar lahan persawahan organik dipanen di Desa Pahang Asri, Kecamatan Buay Pemuka Peliung.

Turut bersama Bupati, yakni Kepala Dinas Pertanian Sujarwanto dan beberapa OPD di Kabupaten OKU Timur.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kholid MD mengatakan OKU TIMUR sejak Februari masuk masa panen dan Maret merupakan puncak panennya. Menurut Kholid, jenis tanaman padi konvensional terdiri dari menggunakan pupuk kimia, ada yang mengurangi pupuk kimia dengan bebas residu, dan ada padi organik maupun menggunakan pupuk non kimia. Minggu lalu, lanjutnya, sudah dilakukan panen padi bebas residu.

“Luas lahan padi organik di OKU TIMUR sendiri kurang lebih 100 ribu hektar, dan akan terus ditambah. Dalam satu hektar sawah bisa menghasilkan 12 ton Gabah Kering Panen (GKP),” ujarnya.

Untuk memenuhi permintaan pasar akan beras organik. Untuk itu Pemkab OKU TIMUR terus berupaya memaksimalkan pertanian dengan pola organik dengan terus menambah luas lahan.

Demikian diungkapkan Bupati  HM Kholid Mawardi S.Sos, MSi saat melakukan panen raya di  Desa Pahang Asri Kecamatan BP Peliung

Sementara Kepala Dinas pertanian Sujarwanto, menuturkan untuk desa Pahang Asri sendiri ada 6,7 hektar persawahan dengan produksi yang dihasilkan mencapai 11 ton gabah kering/satu hektarnya.

“Kita akan mngubah padi organik menjadi non organic, karena jika kita ingin sehat maka mengkonsumsi makanan yang sehat. Kita terus berupaya meningkatkan hasil produksi padi organik kita, untuk memenuhi permintaan pasar,”.(triangga)