OKU TIMUR Total 5 Pasien Terkonfirmasi Corona

Tidak ada komentar 197 views
Kabupaten OKU Timur mencatatkan 1 lagi kasus terkonfirmasi positif covid-19 pada 19 Mei 2020

OKU TIMUR – Bertambah lagi satu pasien positif covid-19 di Kabupaten OKU Timur. Setelah sepekan sebelumnya bertambah 3 orang lagi, kini total warga yang terpapar virus corona menjadi total 5 orang dengan kasus kematian 1 orang. Demikian diumumkan oleh tim Gugus Tugas Covid-19 OKU Timur pada Selasa pagi 19 Mei 2020.

“Hari ini dengan rasa prihatin, kami gugus tugas pencegahan dan penanggulangan Covid-19 kabupaten OKU Timur menyampaikan informasi bertambahnya kembali kasus terkonfirmasi berdasarkan pemeriksaan RT-PCR yang dikeluarkan oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang.” kata M Ya’kub selaku jubir gugas.

Pasien 05 diketahui adalah berinisial EY (34) yang merupakan adik dari mendiang IJ yang merupakan pasien 01. Dan saat ini sudah mendapat perawatan dari tim medis RSUD OKU Timur, Desa Tulus Ayu, Belitang Madang Raya.

Ditanya mengenai penyebab paparan terhadap EY, diketahui jika EY merupakan salah satu orang yang merawat mendiang IJ semasa perawatan di rumah sakit. Sejauh ini berdasarkan tracing contact (penelusuran kontak langsung) sebanyak 29 kontak langsung sudah menjalani uji swab. “Sejauh ini sejak kematian mendiang IJ, tim sudah menelusuri sebanyak 29 kontak itu untuk menjalani uji swab. Dan EY juga sudah menjalani karantina sejak saat itu.” kata M Ya’kub lagi.

Selain itu, satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) nomor 12 atas nama inisial S (44 tahun) yang berjenis kelamin perempuan diketahui meninggal dunia dalam perawatan di RS Islam Takwa Gumawang, Kecamatan Belitang. Saat ini almarhumah sudah dimakamkan dengan protokol Covid-19.

“Namun dari hasil swab, S dinyatakan negatif. Meski dari gejala yang diderita menunjukkan serangan Pneumonia.” tambah M Ya’kub lagi.

Ditutup, M Ya’kub menghimbau agar masyarakat tetap waspada dalam mencegah penyebaran wabah ini. Diimbau agar tetap patuh menggunakan masker dan melaksanakan social distancing. “Jangan bersentuhan, jaga jarak, jangan berkerumun, pakai masker dan cuci tangan pakai sabun.” tandasnya.(Triangga)