Opera Zebra Musi OKU TIMUR 2018

306 views

OKU TIMUR – Razia zebra musi 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober hingga 12 November 2018. Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Setidaknya ada delapan jenis pelanggaran lalu lintas yang akan ditindak tegas petugas di lapangan. Antara lain, pengemudi yang menggunakan atau memainkan ponsel saat berkendara, pengemudi yang melawan arus, pengemudi sepeda motor yang melebihi kapasitas (muatan dan orang).

Demikian pula pengemudi kendaraan di bawah umur, pengemudi sepeda motor yang tidak menggunakan helm, pengemudi mobil yang tidak menggunakan safety belt, pengemudi yang menggunakan narkoba atau mabuk, dan pengemudi yang melebihi batas kecepatan.

Pada kesempatan ini pula Untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat dalam berkendara, Kasat Lantas Polres OKU Timur AKP Benny Nofiza turun langsung ke jalan selain memberikan teguran kepada pengendara sepeda motor yang tidak taat lalu lintas juga memberikan cindra mata kepada pengendara roda 2 berupa satu buah helem kepada pengendara.

“Pelanggaran didominasi oleh pengendara roda dua. Ada yang tidak mengenakan helm, mengendarai sepeda motor di bawah umur. Sedangkan untuk pengendara roda empat yang ditindak kebanyakan karena tidak mengenakan sabuk pengaman,” katanya.

Menurut Kasat, pelanggar yang tidak mengenakan helm selama pelaksanaan operasi zebra akan diberikan helm secara gratis untuk menumbuhkan kesadaran pengendara akan pentingnya menggunakan helm selama berkendara.(Rizal Arisandi)